10 Hal Ini Bisa Coba Kamu Lakukan, Saat Isi Kantongmu Pas-Pasan

Pengen jalan tapi belum gajian.

Punya uang pas-pasan bahkan tak ada sama sekali, rata-rata pasti pernah dialami oleh kamu yang masih muda. Sekalipun kamu sebenarnya datang dari keluarga yang cukup berada. Momen ini juga yang seringnya dikeluhkan olehmu. Pasalnya kamu merasa tak punya uang membuatmu tak bisa melakukan apa seperti nongkrong cantik di kedai kopi bareng teman atau sekadar jajan makanan kesukaanmu. Kadang uangmu yang pas-pasan pun membuatmu enggan melakukan apa-apa, seolah dunia yang menyenangkan ini berhenti berputar sejenak.

Padahal kamu tetap bisa kok melakukan hal-hal seru atau bersenang-senang, sekalipun keuangan pribadimu sedang dilanda krisis sementara. Karena di dunia ini sebenarnya banyak hal yang gratis dan murah, hanya saja selama ini standar bahagiamu sendiri yang membuatnya jadi mahal. Nggak percaya? Simak baik-baik kumpulan foto yang bisa jadi daftar kegiatanmu saat kantongmu sedang tak sehat!

1. Nongkrong bareng teman di taman kota, bisa seru berjam-jam sekalipun nggak beli minuman atau camilan

Nongkrong murah meriah di taman kota via www.pexels.com

Nongkrong ‘kan tak harus selalu di kafe atau resto yang tahu sendiri harganya bisa lebih dari uang makanmu dalam sehari. Kamu masih bisa ngobrol seru sama teman di taman-taman yang ada di kotamu. Selain bisa ngobrol dan tertawa berjam-jam, kamu juga bisa jajan makanan yang harganya lebih ramah dengan kantongmu sekarang.

2. Nyantai di rumah. Nggak cuma tidur aja, tapi juga ngelakuin kegiatan sederhana yang kamu suka

Nyantai kayak di pantai via www.pexels.com

Siapa bilang di rumah membosankan? Asal ada laptop, fasilitas internet rumah yang pastinya gratis, buku bacaan sampai musik yang ada di folder gawaimu, duduk manis di rumah pastinya tak akan membosankan lagi ‘kan?

Baca Juga  6 Tantangan yang Harus Dituntaskan Sebelum Umur 30-an. Kedewasaanmu dari Situ Juga Bisa Ditakar

3. Kumpulin barang bekas yang masih layak pakai, lalu buat garage sale sendiri

Jualan barang bekas via www.pexels.com

Coba lihat lagi isi lemarimu atau gudang di rumahmu. Kira-kira ada barang-barang bekas yang masih layak pakai nggak? Kalau masih ada, ini bisa jadi peluang kamu cari uang di saat keuangan pribadimu sedang melarat.

4. Daripada jajan di luar yang pastinya mahal, mending masak apapun yang bahannya sudah ada di rumahmu

Masak sendiri via www.pexels.com

Selain lebih sehat, membuat makanan yang kamu ingin makan sendiri pun membuatmu tak harus mengeluarkan uang sama sekali. Asalkan masaknya makanan yang memang bahan-bahannya tersedia di rumah saja ya. Ya, kalau sekadar bikin pancake, ‘kan kamu cuma perlu modal tepung beras, telur, gula, dan susu yang ada di rumah saja toh.

5. Berkeliling sambil mengeksplor tempat baru yang ada di kota tempat tinggalmu

Jalan-jalan di kota sendiri via www.pexels.com

Saat kakimu ingin sekali melangkah keluar rumah, menikmati kebebasan di jalan atau keseruan tempat-tempat asing. Kenapa harus pergi ke luar kota? kalau di kota tempat tinggalmu saja sebenarnya masih punya banyak tempat yang bisa dijelajah atau kelilingi.

6. Ikut kegiatan volunter sesuai dengan kemampuanmu, semisal mengajar anak-anak di pedalaman

Jadi volunter via www.logancoleblog.com

Karena berbagi pun bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekalipun kamu tak punya uang. Tapi, bukannya kamu masih punya kemampuan lainnya, seperti mengajar atau membuat kerajinan tangan misalnya.

7. Kumpul bareng keluarga, buatmu tak harus pusing memikirkan uang yang pas-pasan

Kumpul keluarga via www.logancoleblog.com

Daripada sibuk berandai-andai, kalau punya uang bisa main sama teman-temanmu. Mending kamu ikut kumpul bersama keluargamu. Bukankah berada di tengah keluarga buatmu tak perlu bingung memikirkan urusan keuangan?

Baca Juga  Rasanya Jadi Orang Paling Selow Sedunia; Apa-Apa Pengennya Dibawa Santai Saja

8. Cari olahraga gratisan seperti lari, bukan badan saja yang sehat tapi juga kantongmu yang isinya sedang sekarat

Olahraga gratis via www.pexels.com

Karena olahraga sebenarnya kegiatan yang gratis. Hanya saja kadang orang terlalu banyak gaya, dengan ikut kegiatan olahraga macam-macam seperti yoga atau ngegym. Toh kalau sekadar menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa membiasakan diri dengan lari pagi, atau olahraga kecil-kecilan seperti senam.

9. Nggak perlu belanja, tapi sekadar lihat-lihat barang yang kamu suka saja

lihat-lihat aja via unsplash.com

Menyejukkan mata dengan barang-barang menarik, kan tak harus selalu berujung dengan belanja. Kamu tetap bisa datang ke toko buku atau musik favoritmu. Di sana kamu bisa sekadar numpang baca atau mendengarkan, tanpa perlu membeli buku juga kasetnya. Tetap seru ‘kan?

10. Tidur seharian di rumah ‘kan sah-sah saja, toh tubuhmu perlu diistirahatkan total sesekali

Tidur via www.pexels.com

Kalau tak punya uang, lalu merasa bingung mau melakukan apa. Kenapa tak memilih tidur saja? Toh sudah seminggu ini kamu sibuk dengan banyak kegiatan. Sementara tubuhmu sendiri kadang perlu diistirahatkan dengan total sesekali. Paling tidak kamu sambil berleha-leha kamu bisa mengobrol dangan orangtua atau saudara, bahkan memanjakan diri dengan maskeran dan luluran.

Jadi tak perlu lagi mengeluh, tak punya uang buatmu tak bisa melakukan apa-apa ya?! Sebab masih banyak hal gratis atau murah yang bisa dilakukan tanpa mengurangi kebahagianmu sedikitpun.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *