10 Ritual Sederhana Agar Harimu Selalu Bahagia, Meski Hatimu Sedang Gundah-gundahnya

[ad_1]

Banyak dari kita yang mencari kebahagiaan. Selalu berasumsi bahwa kebahagiaan itu akan didapatkan jika kita mempunyai uang yang banyak, pekerjaan yang mapan, keluarga yang harmonis dan lainnya. Namun, kita lupa bahwa banyak hal-hal kecil nan sederhana yang dapat kita lakukan dan membuat kita lebih bahagia dari hari kemarin. Bahagia itu nggak ribet, kok!

1. Selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini

Siapa bilang bahagia itu sulit? Bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini, juga sudah bisa membuatmu bahagia. Dengan keadaanmu saat ini seperti apapun itu. Keluarga yang apa adanya. Pekerjaanmu saat ini, kesehatanmu, dan banyak hal kecil lainnya yang patut kamu syukuri.

2. Menghabiskan waktu dengan keluarga itu yang utama dan segalanya!

Selalu berkutat dengan pekerjaanmu selama delapan jam sehari, lima hari dalam seminggu, dan beban pekerjaan yang dipikul, selalu memikirkan hal-hal tersebut dapat membuat dirimu sedikit stres. Ada baiknya, selama hari libur lupakan sejenak semua hal itu dan berkumpulah bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga, dapat berupa makan bersama, menonton bersama, ataupun pergi rekreasi bersama. 

3. Jika perlu, rutinlah berkumpul bersama teman-temanmu agar segala gundah bisa terlepaskan

Hangout bersama sahabat-sahabatmu juga dapat membawa kesenangan tersendiri. Sekadar melepas keluh kesah atau berbagi cerita seru bersama kawan-kawan. Yang pasti, beban dan stres mu akan berkurang.

4. Dengarkan musik yang kamu suka, di mana dan kapan saja!

Hal sederhana lainnya, yaitu dengan mendengarkan musik. Manfaat dari mendengarkan musik selain dapat melepas penat, juga dapat meningkatkan mood dan suasana hati. Para peneliti dari Universitas Mc Gill di Montreal, menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik yang menyenangkan dapat memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamin.

Baca Juga  6 Perubahan Ini Hanya Akan Dirasakan Setelah Kamu Mampu Mencintai Dirimu Sendiri

5. Sudah saking pusingnya? Makan cokelat deh supaya bahagia!

Biji coklat mengandung bahan yang disebut dengan Phenylethylamine yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Dari bahan kimia tersebut, diketahui terdapat sifat afrodisiak yaitu adanya zat yang dapat menimbulkan perasaan senang bagi yang mengonsumsinya. So, tunggu apalagi, jangan merengut terus dan makanlah coklat!

6. Keluarlah, lalu lihat betapa alam semesta telah menyuguhkan segalanya!

Jangan terus-terusan berada di rumah atau di kamar ya. Pergi jalan-jalan keluar dan hirup udara segar. Refresh pikiranmu dan tentunya berbahagialah.

7. Olahraga ringan pun kamu butuhkan, demi kesehatan jiwa dan raga

Melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil keliling komplek, bermain bulu tangkis atau bermain basket dengan sahabatmu, juga dapat membantu membuatmu melupakan sejenak permasalahan yang ada di kantor. Melepas penat dan stresmu. Hal ini dapat membuatmu lebih menghargai waktu bebas yang kamu miliki dan dapat merasa lebih puas dengan kehidupanmu. Dan tentunya, badanmu lebih terasa segar dan sehat.

8. Lupakan hal-hal yang tidak mengenakkan di hati!

Banyak hal yang telah melintas dipikiranmu, entah itu permasalahan keluarga, di kantor, perkataan teman atau tetangga yang terasa nggak enak didengar. Lupain aja! Karena kamu yang menjalani kehidupanmu. Mereka tidak tahu apa-apa tentang dirimu, kecuali yang terlihat dari luar. Entah apa yang kamu lakukan, baik atau buruk, selalu ada orang yang akan mengomentarimu. Jangan ambil pusing dan teruskan kehidupanmu. Mereka terlalu banyak waktu luang untuk mengomentari kehidupanmu dan lupa dengan kehidupan yang perlu mereka urus sendiri.

9. Lihatlah ke depan, karena nggak ada gunanya kamu terlarut dalam penyesalan

Lupakan masa lalumu dan teruslah jalan ke depan. Ambil pelajaran dari masa lalumu dan jangan terlalu lama berada dalam penyesalan. The show must go on, guys. Terlalu lama dalam penyesalan membuatmu sulit untuk bahagia. Kesalahan yang pernah kamu lakukan merupakan hal untuk dipelajari dan diingat untuk tidak melakukannya dua kali. Bukan untuk disesali. So, keep moving forward!

10. Jangan lupa untuk selalu tersenyum, ya!

The simple thing you can do to be happy is just SMILE. Tersenyumlah. Hadapi semua masalahmu dengan senyuman. Senyum merupakan terapi. Terapi yang dapat menjadi pengobat bagi diri sendiri dan tentunya penyemangat bagi orang lain.

Baca Juga  Film Flying Colors, Mengajarkan Kita Untuk Terus Berjuang Meski Sempat Diremehkan
[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *