5 Alasan Ini Akan Menguatkanmu, Mengapa Sebaiknya Kamu Meniti Karir dari Berwirausaha Saja

[ad_1]

Harga kebutuhan pokok yang selalu naik dan semakin bertambahnya kebutuhan, maka penghasilan dituntut untuk bertambah pula. Menurut saya, mengandalkan gaji pokok saja belum cukup, ibarat besar pasak daripada tiang. Tentunya ada juga kebutuhan di luar dugaan, sehingga ini menambah kebutuhan bulanan kita bukan? Maka dari itu diperlukan adanya usaha sendiri dalam berbisnis. Dewasa ini kita dituntut untuk menjadi seorang wirausaha yang mandiri walau dengan sedikit modal.

Apa yang perlu diperhatikan jika kita baru memulai usaha? Usahakan untuk tidak meminjam modal ke bank dahulu, tetapi gunakan anggaran yang tidak terpakai atau uang tabunganmu. Setelah usaha yang dijalankan, bolehlah untuk meminjam uang ke bank untuk mengembangkan bisnis tersebut. Berikut ini merupakan “5 Alasan Kita Harus Berwirausaha’:

1. Lapangan Pekerjaan Semakin Sempit
Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan antara jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah tenaga kerja. Sebenernya bukan lowongan kerjanya sedikit, tapi skill kitanya yang belum memenuhi standar kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Atau bisa juga karena terlalu pilih pilih kalau cari kerja? Maka dari itu berwirausaha bukan pilihan yang salah, walaupun tidak instan dalam menikmati hasilnya.

2. Untuk Menambah Penghasilan
Salah satu cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan selain dari gaji pokok di perusahaan, kita bisa berwirausaha. Itu tergantung dari kemampuan kita berwirausaha, akarena jika kamu gagal atau gampang menyerah, usaha yang kamu lakukan akan sia-sia alias bangkrut dan penghasilan makin berkurang karena harus menutupi kerugian atau bayar hutang modal ke bank atau koperasi atau sejenisnya.

Maka dari itu jangan sampai wiruasaha cuma modal nekat tanpa perhitungan yang matang. Jika usaha tersebut berhasil, maka bersiaplah punya pendapatan yang banyak.

Baca Juga  Potret 8 CEO Wanita yang Cantik Sekaligus Bertalenta, Kamu Juga Bisa Sukses Seperti Mereka

3. Banyak Peluang yang Bisa Dimanfaatkan
Peluang yang dimaksud itu peluang yang ada di sekitar lingkungan sehari hari, misalnya sekitar rumahmu banyak kost-kosan. Anda bisa buka usaha token listrik, pulsa HP, atau jasa laundry? Nah, jika lingkungannya dekat dengan sekolah atau kampus, kamu bisa mencoba usaha fotocopy, jasa print, atau kuliner. Lain halnya jika kamu berkada di lingkungan tengah komplek yang tidak ada sekolah atau kos-kosan, boleh dicoba buka usaha warung, warnet, RT/RW net, atau isi ulang galon. Jadi, sangat disayangkan kalau banyak peluang yang tidak dimanfaatkan.

4. Kebutuhan Hidup Semakin Mahal
Seperti yang kita tahu, kebutuhan hidup semakin tahun semakin meningkat atau makin mahal. Kalau tidak berwirausaha, kamu akan selalu dihantui dengan harga sembako yang semakin mahal, biaya pendidikan semakin tinggi, harga pulsa juga tak kalah ikut semakin naik. Apalagi barang-barang pokok seperti bensin dan masih banyak lagi yang membuat kita naik darah.

Maka dari itu, wirausaha merupakan jalan yang tepat agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yaitu bisa membeli barang kebutuhan pokok dengan harga miring. Misalnya mencoba menjual beras, maka kamu bisa beli ke agen dengan harga “grosir” atau harga penjual yang lebih murah dibanding dengan harga konsumen. Sehingga bisa menekan pengeluaran dan tentunya semakin irit, setidaknya untuk urusan beras kamu tidak perlu bingung biaya yang tinggi.

5. Dapat Diwariskan ke Anak Cucu
Alasan yang paling spesial dari kegiatan berwirausaha adalah kamu bisa mewariskan bisnisnya ke anak cucu nanti, berbeda dengan karyawan atau pegawai yang jabatan di perusahaan ketika pensiun itu tidak bisa di wariskan ke anak cucu nanti. Setidaknya keturunan mendapatkan pesangon bagaimana caranya keluarga bisa sejahtera. Bisa bayangkan kan jika masa depan anakmu masih bisa terjamin dan kamu bisa menikmati masa tua dengan tenang?

Baca Juga  Renungan Tentang Pengekspresian Diri Adalah Hak Asasi. Selagi Muda, Kita Jangan Mau Dibatasi!
[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *