5 Aplikasi TOEFL Android Gratis untuk Asah Kemampuan Bahasa Inggris

[ad_1]

Kemampuan bahasa Inggris bisa dibilang sudah jadi kebutuhan wajib di era globalisasi saat ini, baik bagi kalangan pelajar maupun profesional di dunia kerja. Khusus bagi para profesional, kemampuan berbahasa Inggris sangat membantu dalam berbagai hal, seperti meyakinkan investor asing untuk mengucurkan dana, atau menjalin kerja sama dengan perusahaan global.

Salah satu cara untuk menguji seberapa mahir kemampuan bahasa Inggris kamu yaitu dengan mengikuti Test of English as Foreign Language (TOEFL). Setelah mengikuti TOEFL, biasanya kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kemampuanmu, apakah sudah mahir atau masih perlu diasah lagi.

Hanya saja, Mengikuti TOEFL resmi memerlukan biaya yang kadang tidak sedikit. Untuk itu sebagai persiapan sebelum mengikuti tes resmi, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi berikut yang bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.


Latihan TOEFL Structure

aplikasi toefl | screenshot 1

Ujian gramatikal pada TOEFL itu gampang-gampang susah, sehingga tidak jarang soal-soal di dalamnya bisa mengecoh banyak orang. Bagi kamu yang kurang paham dalam hal gramatikal, aplikasi Latihan TOEFL Structure bisa jadi sarana yang pas untuk meningkatkan pemahamanmu.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada penggunaan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya, sehingga memudahkan kamu menyerap materi yang ada. Apalagi sampai saat ini, jumlah aplikasi persiapan tes TOEFL yang menggunakan bahasa Indonesia terbilang sedikit.

Kamu dapat menemukan ratusan soal gramatikal di aplikasi Latihan TOEFL Structure. Tingkat kesulitannya juga cukup tinggi, sepadan dengan yang akan kamu hadapi saat tes nanti. Sebagai sentuhan akhir, aplikasi ini juga dibekali fitur simulasi gramatikal TOEFL, lengkap dengan waktu dan skornya.

Kalau kamu ingin fitur yang lebih banyak, ada baiknya kamu membeli versi Pro dengan harga Rp25.000. Pengguna versi Pro akan mendapatkan fitur khusus, seperti seperti statistik untuk memantau progres, bebas dari iklan, dan tambahan soal.

Baca Juga  Update Baru Instagram Direct Mudahkan Kamu Berkirim Pesan dan Video Instan

Practice for the TOEFL Test

aplikasi toefl | screenshot 2

Ingin coba mengadu kemampuan bahasa Inggris? Practice for the TOEFL Test bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa menantang sesama pengguna melalui fitur Challenge.

Sang penantang bisa menentukan topik serta jumlah pertanyaan yang muncul. Setiap jawaban yang benar akan mendapatkan satu poin. Pemenang ialah dia yang meraih poin terbanyak.

Practice for the TOEFL Test juga menyelipkan fitur Community untuk berinteraksi dengan sesama pengguna. Melalui fitur ini, kamu bisa mengasah kemampuan writing kamu. Sedangkan untuk sarana berlatih, aplikasi ini menyediakan fitur Flash Card dan Test Practice yang berisi beragam soal.

Sayangnya kamu tidak akan menemukan fitur yang berhubungan dengan listening di sini. Selain itu, tampilan aplikasi ini juga terbilang biasa saja.


TOEFL Listening

aplikasi toefl | screenshot 4

Aplikasi ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin meningkatkan kemampuan listening. Di sini kamu tidak hanya mendengarkan percakapan sehari-hari, namun juga topik-topik yang lebih berbobot. Ada dua menu yang bisa kamu coba yaitu Conversation dan Lecture.

Conversation berisi percakapan sehari-hari, sedangkan isi Lecture lebih mirip seperti kuliah umum dengan topik yang lebih berat. Untuk memastikan penggunanya benar-benar menyimak materi, TOEFL Listening akan memberikan sejumlah pertanyaan setelah audio berakhir.

Di sisi lain, meski bernama TOEFL Listening, aplikasi ini juga menyediakan materi mengenai gramatikal, artikel untuk mengasah kemampuan reading kamu, hingga fitur chatting dengan sesama pengguna. Sayangnya kamu membutuhkan koneksi internet untuk mengakses semua itu.


 English Listening Test

aplikasi toefl | screenshot 3

Kemampuan listening kamu pas-pasan? Ingin meningkatkannya tapi bingung memulai dari mana? Kamu bisa menemukan jawabannya di English Listening Test. Materi listening yang ada di sini sudah disusun berdasarkan kategori-kategori tertentu, mulai dari General Listening yang berisi percakapan sehari-hari, Basic Listening yang dikhususkan untuk level pemula dan menengah, hingga Academic Listening yang ditujukan untuk kamu yang akan mengikuti TOEFL.

Baca Juga  Salurkan 1.500 Pinjaman, Crowdo Ingin Menjadi Platform P2P Lending Nomor Satu

Semua materi di tiap kategori juga telah dikelompokan berdasarkan tingkat kesulitannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir keteteran karena tidak menemukan materi listening yang tepat.

Meski begitu, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu tidak adanya fitur offline, keberadaan iklan yang cukup mengganggu, dan kualitas audio yang kurang bagus jika dibandingkan dengan TOEFL Listening.


TOEFL CMedia

aplikasi toefl | screenshot 5

Seperti apa sih rasanya mengikuti TOEFL? Kalau kamu belum pernah mengikutinya dan masih bertanya-tanya soal ini, kamu bisa mencoba TOEFL CMedia. Aplikasi ini memang didesain khusus untuk memberikan pengalaman mengikuti tes TOEFL.

Ada tiga kategori tes yang dapat kamu temukan di sini yaitu listening, reading, serta structure and written expression. Kamu hanya punya waktu 120 menit untuk menyelesaikan semuanya. Jika waktu habis, maka tes otomatis akan berakhir, dan kamu akan melihat skor TOEFL yang berhasil diraih.

Sayangnya jumlah soal yang tersedia cukup terbatas, hanya berjumlah puluhan per kategori. Karena itu, aplikasi TOEFL CMedia kurang cocok jika digunakan berulang kali. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba, apalagi aplikasi ini tersedia gratis dan didukung dengan fitur offline.


Itulah beberapa aplikasi latihan TOEFL yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk terus berlatih. Karena kemampuan bahasa itu dipengaruhi faktor kebiasaan, bukan sekadar hafalan.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: amenclinicsphotos.ac)

The post 5 Aplikasi TOEFL Android Gratis untuk Asah Kemampuan Bahasa Inggris appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *