5 Hal yang Akan Membuatmu Bersyukur Menjadi Seorang Introvert. Omongan Orang Mah Lewat!

Kata “introvert” biasanya identik sama anak cupu, pake kacamata, nggak punya teman, ansos (anti sosial), suka menyendiri, weirdo, dan lain-lain. Nggak bisa disalahin juga sih, soalnya salah satu ciri dari seseorang yang introvert adalah nggak terlalu suka keramaian. Mereka cenderung lebih suka quality time dengan dirinya sendiri atau dengan beberapa teman yang mereka anggap dekat.

Faktanya, kebanyakan orang introvert itu ternyata nggak sadar loh kalo dirinya adalah seorang introvert dan malah kalau tahu, cenderung menolaknya. Kenapa? Karena budaya kita itu lebih mengagumi seseorang yang memiliki karakteristik ekstrover seperti punya banyak teman, suka bergaul, berani menyatakan pendapat, suka berbicara di depan umum, dan lain-lain. Contohnya kaya’ di sekolahan aja deh. Kebanyakan cewek-cewek pasti punya gebetan anak-anak basket, anak sepakbola, ketua OSIS, dan lainnya. Karakter-karakter seperti itulah yang diidam-idamkan oleh kebanyakan orang, termasuk kaum introvert. Tapi, introvert nggak selalu dikaitkan sama ‘kesendirian’ dan ‘kerugian’, kok! Ternyata gaes, ada keuntungan-keuntungan yang bakalan didapetin jika kamu memiliki karakteristik seorang introvert. Berikut adalah keuntungan-keuntungan tersebut menurut Marti Olsen Laney, Psy.D. dalam bukunya yang berjudul “The Introvert Advantage”. Let’s check this out!

1. Kamu mampu mengontrol emosi, mengendalikan diri, lebih tenang, dan lebih berhati-hati

Karena seorang introvert itu tidak terlalu suka berbicara dan keramaian, makanya dia lebih bisa mengontrol emosinya dengan baik, lebih tenang, dan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan dibandingkan sama ekstrovert yang punya emosi meledak-ledak. Wah, bawaannya jadi adem gimana gitu, ya kalo liat orang tenang dan kalem begini. 

2. Dapat berkonsentrasi dengan baik

Orang-orang introvert cenderung lebih bisa konsentrasi dibandingkan orang yang ekstrovert. Mereka punya beberapa kebiasaan seperti mengamati dan mendengarkan sebelum bergabung dalam aktivitas (mikir sebelum bertindak), fokus sama subjek yang mereka sukai, menjunjung tinggi privasi (tidak terlalu suka sama kepoers gaes!), dan hanya berbicara setelah dipikirkan matang-matang. Wah,kalo gini caranya jadi pengen dapet cowok yang introvert ya, fokusnya cuma ke satu orang, hihihi.

Baca Juga  Cara Terbaik 'Balas Dendam' Kepada Orang-Orang yang Pernah Menyakiti Kita. Ah, Puas Rasanya!

3. Lebih menghargai keberadaan orang lain di dalam kehidupannya

Seorang introvert punya teman yang lebih sedikit dibandingkan seorang ekstrovert karena sifat mereka yang nggak terlalu suka keramaian. Tapi jangan salah kaprah! Gara-gara sifat itu, orang-orang yang introvert terbukti lebih jago dalam menjaga hubungan pertemanan mereka, lebih care, lebih empati, dan lain-lain. Jadi, kejadian kaya’ TMT (Temen Makan Temen) sangat jarang terjadi sama orang introvert,karena mereka sangat memikirkan perasaan satu sama lain. Uuhh..so swet!

4. Memiliki hubungan yang bahagia

Berbahagialah kamu yang seorang introvert dan sedang menjalin hubungan (pacaran atau menikah) dengan seorang introvert juga. Mereka yang memiliki hubungan tersebut terbukti bahwa mereka lebih bahagia, jauh dari perselingkuhan, dan sangat menikmati hubungan mereka dibandingkan dengan pasangan lain. Hal-hal tersebut bisa terjadi karena mereka saling mendengarkan satu sama lain, memikirkan masalah yang ada dengan sabar, mengerti bahwa masing-masing dari mereka membutuhkan privasi dan ketenangan, serta memiliki lebih sedikit konflik. Life goals banget nggak, sih?

5. Sering jadi tempat curhat karena introvert adalah pendengar yang baik

Dibandingkan kaum ekstrover, kaum introver bisa dibilang adalah pendengar yang baik. Biasanya kalo orang ekstrover cenderung lebih suka berbicara dan lebih suka didengarkan. Nah, kalo orang introver kebalikannya, dia lebih sering menjadi pendengar ketimbang berbicara. Karena karakternya juga, orang introver bisa menyimpan rahasia yang udah diceritain ke dia dengan baik. Jadi, ga perlu khawatir rahasiamu bocor deh kalo udah curhat sama introver! Selain mendengarkan dan bisa memberi nasihat, mereka juga pinter jaga rahasia.

So, kalo kamu merasa kamu seorang introvert, jangan berkecil hati dulu! Banyak keuntungan yang bisa didapetin ketika menjadi seorang introvert dan yang lebih penting, kita harus bisa menerima diri kita apapun itu agar kita bisa lebih bahagia dalam menjalani kehidupan. Keep smiling!

Baca Juga  8 Hal yang Harus Benar-Benar Kamu Lalui, Sebelum Yakin Merasa Sudah Dewasa

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *