5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan demi Jaga Kesetiaan Pengguna Aplikasi Mobile

[ad_1]

Mungkin ada beberapa orang yang menganggap kalau hal terpenting dalam mengembangkan aplikasi mobile adalah bagaimana cara menarik sebanyak mungkin orang mengunduh. Namun hal tersebut tentu tidak ada gunanya jika para pengunduh justru tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut setelahnya.

Hal ini diungkapkan oleh Andrew Chen, Head of Growth di Uber, yang menyatakan kalau kehilangan delapan puluh persen pengguna dalam bisnis aplikasi mobile saat ini masih dianggap normal. Ini artinya, ada banyak aplikasi yang setiap kali mendapat seratus pengguna baru, lebih dari delapan puluh di antaranya justru lenyap.

Itulah mengapa menurut Alec Baker, Product Manager In-App Marketing dari platform analisis dan pemasaran aplikasi mobile Tune, penting bagi para developer aplikasi mobile untuk mengerti cara mempertahankan pengguna yang telah mereka miliki.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan tingkat kesetiaan pengguna aplikasi menurut Baker.

Hadirkan kesan pertama yang baik

Aplikasi Mobile Plants vs Zombies

Ada beberapa hal yang menurut Baker bisa dilakukan oleh pembuat aplikasi mobile dalam rangka membuat kesan pertama yang menyenangkan. Contohnya adalah dengan membuat tutorial yang mudah dimengerti seperti yang dilakukan aplikasi pencatat skor pertandingan olahraga theScore, atau “menyembunyikan” tombol untuk meninggalkan tutorial tersebut seperti yang dilakukan aplikasi toko pakaian desainer Rue La La.

Beberapa aplikasi media sosial atau agregator berita berusaha melakukannya dengan cara menawarkan beberapa topik yang mungkin disukai oleh para pengguna. Sedangkan developer game seperti pada Plants vs Zombies justru meminta nama pemain agar bisa menghadirkan pengalaman yang lebih personal ketika mereka menikmati game tersebut.

Lakukan A/B Testing untuk segala hal

Aplikasi Mobile Karmaloop

Mengetahui minat dan ketertarikan para pengguna tentu bukan sesuatu yang mudah. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencari data terkait hal tersebut. Metode yang paling sering digunakan adalah A/B Testing, yaitu dengan membuat dua model dan mengujinya secara terbatas.

Baca Juga  [Opini] Alasan Mengapa Amazon Tidak Cocok Masuk ke Pasar Asia Tenggara

Hal ini dilakukan oleh Netflix dalam mencari tampilan judul film yang paling disukai pengguna, sedangkan aplikasi e-commerce Karmaloop melakukannya dalam menentukan bentuk tombol yang paling bisa meningkatkan pendapatan mereka. Konsep A/B Testing ini juga bisa kamu lakukan dalam menentukan waktu terbaik untuk mengirimkan notifikasi kepada pengguna.

Startup besar seperti Facebook bahkan sering melakukan banyak pengujian dalam waktu yang bersamaan. Pengujian tersebut mereka lakukan dengan sangat “halus” sehingga para pengguna tidak akan sadar kalau mereka sebenarnya sedang menjadi target uji coba.

Tingkatkan hubungan dengan pengguna

Aplikasi Mobile Pandora

Para pengguna menyukai aplikasi yang menjalin hubungan baik dengan mereka. Oleh karena itu, penting bagi penyedia layanan untuk memberikan notifikasi secara berkala agar para pengguna tidak melupakan aplikasi tersebut.

Pembangunan relasi yang baik dilakukan Netflix dengan cara mengirimkan notifikasi setiap kali ada serial televisi baru akan tayang. Menurut Baker, sebuah aplikasi e-commerce di Amerika Serikat bahkan ada yang melakukan hingga dua puluh kampanye yang mereka sampaikan lewat notifikasi pada aplikasi mobile setiap harinya.

Pesan yang disampaikan lewat notifikasi tersebut bisa dibuat sangat pribadi, seperti menyebutkan jumlah lagu yang telah didengar pengguna lewat sebuah aplikasi pemutar musik selama setahun. Namun Baker mengingatkan jangan sampai pesan tersebut terlalu berlebihan hingga menyebabkan sang pengguna justru merasa ketakutan.

Buat kampanye berdasarkan kebiasaan dan lokasi pengguna

Aplikasi Mobile Target

Sebuah kampanye untuk menarik minat pengguna akan menjadi lebih berguna apabila disesuaikan dengan kebiasaan dan lokasi pengguna. Sebuah aplikasi pernah mencoba memetakan lokasi di mana banyak pengguna mereka tinggal, dan kemudian memasang iklan di billboard pada lokasi tersebut.

Tanggapi keluhan pengguna dengan baik

Aplikasi Mobile Review

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan dalam mempertahankan kesetiaan pengguna adalah dengan menanggapi keluhan mereka dengan baik dan cepat. Jangan lupa untuk memberitahu para pengguna apabila kamu telah melakukan perbaikan.

Baca Juga  Kiat Grab dan Digibank DBS Menggunakan Teknologi Machine Learning dalam Berbisnis

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan demi Jaga Kesetiaan Pengguna Aplikasi Mobile appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *