6 Tantangan yang Harus Dituntaskan Sebelum Umur 30-an. Kedewasaanmu dari Situ Juga Bisa Ditakar

[ad_1]

Bertambah umur bukan berarti tuntutan yang harus kamu penuhi jadi makin berkurang. Malahan, kamu harus bersiap untuk bertarung menyelesaikan tantangan lainnya. Terlebih lagi untuk kamu yang sedang berada di usia seperempat abadmu, umur 30 tahun rasanya sudah semakin dekat.

Sebelum kamu benar-benar memulai hari di usia kepala 3 ini, tuntaskan dulu tantangan yang akan diulas di artikel ini. Mungkin masih belum semua bisa kamu selesaikan. Tapi, semakin banyak yang bisa kamu lalui, kedewasaanmu sudah tidak diragukan lagi!

1. Kamu perlu keluar dari zona nyaman. Merantau dan jauh dari orangtua secara nggak langsung bisa mendewasakan

Lebih menghargai yang kamu sia-siakan

Lebih menghargai yang kamu sia-siakan via www.pexels.com

Bisa tinggal di rumah bersama orangtua memang menyenangkan. Untuk memadamkan kelaparan, kamu hanya perlu berjalan beberapa langkah ke dapur dan menyantap masakan yang disiapkan Ibumu. Saat kehabisan uang jajan, kamu bisa dengan gampang meminta jatah tambahan ke Ayah.

Bikin nyaman memang. Untuk membuat dirimu senang, kamu nggak perlu berpikir dua kali. Jika ini sedang kamu rasakan, sepertinya kamu harus menjauh dari zona nyaman ini untuk beberapa saat. Pergilah merantau, anak muda. Sepulang dari berjuang di kota rantau, kamu akan lebih menghargai tentang apa yang kamu punya. Dari sini, pola pikirmu akan jauh lebih dewasa perlahan.

2. Bingung memantapkan hati pada hal yang bikin bahagia itu wajar. Pelan-pelan, pilih hobi yang benar-benar kamu suka

Hayo yang mana

Hayo yang mana via www.splitshire.com

Menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kamu suka, bikin kamu lupa dengan segalanya. Berkutat dengan huruf-huruf cantik di handlettering, mengutak-atik kamera DSLR untuk dapetin hasil gambar terbaik, atau sibuk membuat lirik untuk lagu buatanmu. Ah, semuanya terasa menyenangkan. Saking bahagianya, kamu dibuat bingung untuk memilih kegiatan mana yang akan ditekunkan menjadi hobi.

Baca Juga  Bukti Bahwa Masa Muda Bukan Melulu Soal Cinta, Patah Hati dan Ke-Alay'an Saja

Hal itu wajar kok terjadi. Supaya hobimu tetap berjalan dan sama-sama terasah dengan baik, pilih satu dua saja hobi yang benar-benar kamu suka. Mantapkan hatimu pelan-pelan, dan carilah hal yang bisa kamu jadikan tempat yang sempurna untuk mengekspresikan dirimu.

3. Pacaran berkali-kali akan percuma kalau cuma untuk senang-senang. Saatnya kamu bilang serius dengan lantang!

Yuk menikah

Yuk menikah via www.pexels.com

Sudah bukan saatnya kamu dan pacarmu menjalin hubungan untuk sekadar mengisi waktu luang. Tapi, menginjak di usia yang sudah cukup matang, ini saatnya sudah jadi masanya untukmu buat lebih serius. Pun dari pihak pacarmu, nggak akan mau dibuat lama untuk dijadikan sekadar pacar. Lantangkan suaramu untuk mengajak dia menjalani hubungan yang serius!

4. Pekerjaan idaman nggak akan datang sendiri. Semua ada waktu, bersabarlah dan asah terus skill-mu

“Sudah kuliah 4 tahun, tapi masih belum dapet kerjaan yang full-time.”

“Cari kerjaan yang lebih enak, dong.”

Celetukan seperti itu sudah sering masuk ke telingamu. Terlebih lagi mengenai pekerjaan, memang bukanlah perkara yang mudah. Bersabarlah dan tetap tekuni skill yang kamu punya. Ditambah lagi dengan usaha lebih untuk cari-cari kesempatan berkarier yang lebih baik. Karena semua akan bisa mendapatkan pekerjaan yang sudah diidamkan pada waktunya.

5. Rasa malu dan nggak enakan sama orang perlu kamu buang. Dua hal itu yang selama ini menghambatmu buat mengekspresikan diri

Tutup telinga

Tutup telinga via unsplash.com

Doni: Besok band-mu mau isi acara di event kampusku, nggak?

Andi: Wah, seru tuh! Tapi, aku nggak enak sama Bang Radi. Band-nya lebih senior tuh.

Sudah lewat masanya kamu untuk terus-terusan sungkan oleh orang lain. Selagi ada kesempatan untuk unjuk gigi dan mengekspresikan diri, anggapan orang lain yang menjatuhkan nggak perlu kamu hiraukan lagi. Umur 30 sudah sebentar lagi, kalau kamu masih memegang teguh hal ini, kamu yang akan merugi.

Baca Juga  Boleh Mengeluh, Tapi Ingat, Menyerah Itu Bukan Pilihan!

6. Leha-leha dengan kasur memang menggiurkan. Tapi, sering datang ke acara seru nggak kalah menarik untuk melebarkan jaringan pertemanan

Seru banget pokoknya

Seru banget pokoknya via creativevix.com

Semakin bertambahnya usia, kamu akan dibuat malas kemana-mana dan semakin suka di kamar. Padahal, dengan kemana-mana dan menyempatkan waktu datang ke acara seru, malah akan meningkatkan level bahagiamu.

Pertemananmu bisa makin melebar dengan bertemu orang-orang baru di tempat yang baru juga. Ladangmu untuk semakin mengekspresikan diri jadi makin besar pula. Karena akan ada banyak karya luar biasa yang bisa tercipta dari kegiatan yang berawal dari kemana-mana. Go Ahead People siap menjadi sumber inspirasi dari tiap karya dan project kolaborasimu dengan teman-temanmu.

Inilah wadah yang tepat buat kamu mengembangkan diri, mulai dari berkarya di musik, visual art, mengembangkan diri di hobi fotografi, sampai nunjukin style kamu! Sudah saatnya kamu mengekspresikan diri dengan paripurna! Karena ini masanya kamu untuk Go Ahead People!

Kalau tantangan di atas sudah kamu tuntaskan sebelum masuk umur 30 tahun, tenang. Kamu sudah mendapatkan bekal yang bermanfaat dan buatmu makin dewasa makin berkembang. Yuk berubah dari sekarang untuk kedepannya bisa lebih baik!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *