Ayopop Raih Pendanaan Tahap Awal Rp13 Miliar di Tahun Pertama Operasionalnya

Pada tanggal 3 April 2017, startup aplikasi layanan pembelian pulsa dan pembayaran utilitas, Ayopop, secara resmi mengumumkan pendanaan yang mereka terima dari pihak investor. Pendanaan tahap awal dengan nilai US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) ini melibatkan perusahaan modal ventura GREE Ventures, investor individual, serta dukungan finansial dari Founder Freecharge, Sandeep Tandon.

Nikhil Kapur selaku manajer investasi GREE Ventures dalam keterangan resminya menjelaskan alasan pendanaan mereka kepada Ayopop.

“Kami percaya layanan pembayaran akan memegang peran penting bagi geliat pertumbuhan fintech untuk Indonesia di masa yang akan datang. Dengan sebagian besar permasalahan di lapangannya yang belum terpecahkan hingga sekarang, kami percaya Ayopop memiliki pengalaman dan visi yang tepat untuk berkembang sesuai kebutuhan di sektor digital ini.”

Ayopop | Promotion

Founder Ayopop, Chiragh Kirpalani menuliskan bahwa pendanaan ini ke depannya akan digunakan untuk memperluas kapasitas mereka di bagian pengembangan teknologi. Selain itu, dengan pendanaan yang mereka terima, Ayopop juga berencana menyediakan lebih banyak lagi alternatif pembayaran lainnya serta kemungkinan untuk mempertajam fokus kerjasama mereka bersama pelaku e-commerce dan penyedia layanan finansial lainnya di Indonesia.

“Kami di Ayopop telah mengamati perilaku konsumen dan mengembangkan algoritma dalam memperkirakan kemungkinan cross selling. Ada banyak hal yang bisa dikembangkan di sini dan kami akan mencari jalan untuk terus mengembangkan diri di lingkup fintech.”  ungkap Kirpalani.

Pertumbuhan Ayopop dalam kurun waktu setahun terakhir

AyoPop | Photo

Sejak resmi hadir April 2016, Ayopop telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan di tahun pertamanya. Saat ini Ayopop mengklaim mereka telah berhasil mendapat unduhan lebih dari seratus ribu pengguna Android dan memperoleh ulasan positif di kalangan penggunanya. Layanan yang ada di Ayopop juga cukup luas cakupannya, mulai dari layanan top-up pulsa, pembelian token listrik, internet, asuransi, hingga pembelian tiket bioskop.

Baca Juga  Bagaimana Playism Angkat Pamor Game Indie Jepang ke Ranah Global

Startup ini merupakan hasil inisiasi Jakob Rost dan Chiragh Kirpalani. Jakob Rost sebelumnya menjabat sebagai Managing Director Lazada Indonesia selama tiga tahun, sedangkan Chiragh Kirpalani sendiri pernah berkecimpung di beberapa perusahaan digital seperti Fab.com dan media Times Internet India.

Ayopop sendiri dibentuk setelah Jakob melihat adanya peluang dari perilaku masyarakat Indonesia yang belum banyak memanfaatkan aplikasi mobile untuk kebutuhan pembayaran finansial. Ayopop melihat hal ini sebagai bentuk validasi atas ide yang mereka tawarkan.

“Sebagian besar masyarakat di Indonesia masih banyak yang bertransaksi secara offline. Pergeseran perilaku menuju transaksi online jelas merupakan peluang yang sangat potensial bagi perusahaan digital seperti Ayopop. Dengan fokus kami di bidang pembayaran digital, kami menawarkan kecepatan serta keunikan fitur lainnya seperti dukungan Customer Service 24 jam yang terdapat dalam aplikasi mobile Ayopop,” ungkap Jakob.

Saat ini berita pendanaan ini dipublikasikan, Ayopop sendiri diperkuat oleh tim yang terdiri dari tiga puluh orang, serta dukungan partner vendor pembayaran meliputi penyedia TV kabel dan internet, operator telekomunikasi Indonesia, BPJS, PLN, serta layanan bioskop CGV Blitz dan Cinemaxx.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Nadine Freischlad. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai standar editorial Tech in Asia Indonesia; Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Ayopop Raih Pendanaan Tahap Awal Rp13 Miliar di Tahun Pertama Operasionalnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *