Beragam Startup Fintech Gunakan Rekening Virtual untuk Kelola Dana Pengguna

[ad_1]

Startup fintech lokal yang bergerak di bidang layanan keuangan berbasis P2P lending, KoinWorks, belum lama ini mengumumkan peluncuran fitur rekening virtual bagi para krediturnya.

Peluncuran fitur rekening virtual dilatarbelakangi lamanya waktu deposit yang sebelumnya dialami kreditur KoinWorks. Menurut Public Relations KoinWorks, Debby Lufiasita, selama ini kreditur biasanya melakukan deposit dengan mentransfer uang ke rekening bank UOB milik KoinWorks.

Uang yang ditransfer tidak langsung masuk ke akun kreditur, karena pihak KoinWorks harus melakukan pemeriksaan secara manual. Berdasarkan SOP yang diterapkan, transfer dana ke akun bank KoinWorks membutuhkan proses verifikasi hingga tiga hari kerja sampai masuk ke akun kreditur.

“Dengan adanya rekening virtual CIMB Niaga ini, deposit yang ditransfer oleh kreditur akan langsung masuk ke akunnya secara real time,” kata Debby saat dikonfirmasi Tech in Asia Indonesia. Setelahnya, kreditur bisa menggunakan dana tersebut untuk membantu kebutuhan pendanaan para debitur.

Startup pinjam uang online Investree | Featured

Peluncuran fitur rekening virtual mulai diaplikasikan secara bertahap sejak 1 Maret 2017. Pihak KoinWorks berharap kehadiran rekening virtual ini dapat menjadi sebuah alat yang mampu memudahkan proses deposit dana investasi ke akun kreditur di KoinWorks.

Fitur rekening virtual bagi para kreditur turut digunakan oleh penyedia layanan P2P lending lainnya seperti Investree. Ketika dikonfirmasi terpisah, Co-Founder & CEO Investree, Adrian Asharyanto Gunadi, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan bank Danamon terkait layanan rekening virtual.

“Dari awal kita start, sudah pakai (rekening virtual bank Danamon). Awal 2016,” kata Adrian. Selain bank Danamon, Investree juga menyediakan rekening virtual yang bekerja sama dengan bank CIMB Niaga.

Modalku Situs Pinjaman | Screenshot

Adapun perusahaan fintech Modalku juga menerapkan fitur rekening virtual sejak tahun lalu bagi para krediturnya, bekerja sama dengan bank Sinarmas. Senior Marketing Manager Modalku, Ariani R. Hadioetomo, menjelaskan nomor rekening virtual bisa dilihat dalam dashboard pengguna. Di situ juga sudah ada penjelasan mengenai langkah-langkah melakukan deposit.

Baca Juga  Post-Mortem NSFW – Kisah Peluang dan Kesempatan dalam Kesempitan

Setelah melakukan deposit melalui rekening virtual, dana yang ditransfer baru masuk ke akun kreditur tiga puluh menit kemudian. “Sebenarnya real time, tapi ada proses antarbank untuk transfer,” kata Ariani.

“Saat ini baru rekening virtual bank Sinarmas. Kami tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan bank lain untuk rekening virtual. Sejauh ini kita happy dengan bank Sinarmas, tapi terbuka untuk kesempatan lainnya,” tambahnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Beragam Startup Fintech Gunakan Rekening Virtual untuk Kelola Dana Pengguna appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *