Berencana Ekspansi ke 8 Kota di Indonesia, 99.co Raih Pendanaan Rp105 Miliar

Pada tanggal 7 April 2017, portal properti 99.co mengumumkan kalau mereka telah berhasi mendapat pendanaan “Seri A Plus” sebesar US$7,9 juta (sekitar Rp105,3 miliar). Pendanaan ini dipimpin oleh Sequoia India dan Co-Founder Facebook Eduardo Saverin, serta diikuti oleh investor sebelumnya seperti East Ventures1 dan 500 Startups.

Dana segar ini rencananya akan mereka gunakan untuk mengembangkan bisnis mereka di Singapura dan Indonesia. “Kami baru menyentuh sekitar lima persen dari potensi pasar,” ujar Darius Cheung, CEO 99.co.

Saat ini, mereka telah menampilkan daftar properti yang bisa kamu beli atau sewa di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Pada akhir tahun ini, mereka berencana untuk bisa hadir di delapan kota di tanah air. Selain itu, mereka juga akan melakukan ekspansi ke dua negara baru di Asia Tenggara.

“Kandidatnya merupakan negara seperti Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ada banyak dinamika pasar terkait agen dan developer properti (di negara-negara tersebut) yang harus kami pahami,” jelas Darius.

Sebagian dana dari investasi ini juga akan digunakan untuk mengembangkan tim, teknologi, serta pengembangan fitur baru. Saat ini mereka berusaha merekrut tiga puluh karyawan baru, mulai dari posisi developer, hingga petinggi HR dan CFO.

Investasi ini pun membuat 99.co kian dekat untuk mendapatkan pendanaan Seri B yang rencananya akan diselesaikan prosesnya pada tahun ini. Sebelumnya, mereka telah mendapat pendanaan sebesar US$1,6 juta (sekitar Rp21,3 miliar) yang mengangkat valuasi mereka ke angka US$8 juta (sekitar Rp106,6 miliar) pada bulan Januari 2015 yang lalu.

Lebih khawatir dengan pesaing yang lebih kecil

99 | Screenshot

99.co sendiri merupakan situs yang memungkinkan para agen properti untuk menampilkan daftar properti yang ingin mereka jual atau sewakan. Di sisi lain, para pencari rumah bisa menggunakan situs tersebut untuk mencari properti terbaik, membandingkan harga, serta menentukan jadwal pertemuan dengan para agen.

Baca Juga  Bagaimana Playism Angkat Pamor Game Indie Jepang ke Ranah Global

Startup asal Singapura ini juga menyajikan layanan tambahan berupa perangkat analisa data untuk para developer properti, agar mereka bisa lebih mengetahui keinginan para pengguna.

Di Indonesia sendiri, telah ada beberapa situs yang melakukan hal serupa, seperti Lamudi (afiliasi Rocket Internet), Rumah123 (afiliasi iProperty Group), Rumah (afiliasi PropertyGuru), UrbanIndo, dan RumahDijual. Namun Darius yakin kalau 99.co tetap bisa menjadi yang terdepan dengan bantuan teknologi, analisa data, fitur pencarian berdasarkan lokasi, serta user experience yang baik.

“Saya sebenarnya lebih khawatir dengan pesaing yang lebih kecil. Mereka cenderung lebih cepat, lebih inovatif, dan lebih disruptif,” tutur Darius.

Meski enggan menyebutkan angka pasti, Darius menjelaskan kalau secara total 99.co tumbuh 150 persen dibandingkan tahun lalu dalam hal jumlah properti yang ditampilkan, pengunjung, dan pendapatan. Di Indonesia sendiri, mereka telah menyajikan sekitar 57 rumah dan apartemen.


  1. Keterangan: East Ventures dan Eduardo Saverin juga menanamkan investasi di Tech in Asia. Baca halaman etika kami untuk informasi lebih lanjut.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Berencana Ekspansi ke 8 Kota di Indonesia, 99.co Raih Pendanaan Rp105 Miliar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *