Berita Startup Teknologi di Indonesia Hari Ini – 1 April 2017

Maret baru saja berlalu dan hari ini beberapa perusahaan teknologi dalam dan luar negeri menghadirkan beberapa pengumuman mengejutkan. Dimulai dengan kehadiran raksasa e-commerce Amazon di Indonesia, hingga bergabungnya tiga co-working space di Jakarta.

Berikut ini adalah kumpulan pengumuman menarik dari dunia startup dan teknologi di hari pertama bulan April 2017.

Kehadiran situs Amazon Indonesia

April Mop iPrice Amazon

Sejak beberapa bulan terakhir, telah banyak isu yang beredar terkait kehadiran raksasa e-commerce Amazon di tanah air. Dan kali ini, kabar tersebut pun kian menunjukkan titik terang.

Pada tanggal 1 April 2017 ini, situs pembanding harga iPrice Group mengumumkan kalau mereka telah resmi menjadi mitra resmi Amazon Indonesia. Mereka bahkan telah memberikan bocoran terkait tampilan situs Amazon Indonesia tersebut.

iPrice Group sendiri akan membantu Amazon dalam pembuatan fitur perbandingan harga untuk layanan pengiriman makanan tradisional, Amazon Food. Dengan layanan tersebut, Amazon bisa mengirimkan makanan tradisional ke seluruh pelosok tanah air dengan menggunakan drone, pesawat tanpa awak, serta robot.


Tiga co-working space tanah air bersatu untuk melawan WeWork

April Mop USWORK

Conclave, Cre8, dan Freeware Spaces, bisa dibilang termasuk perintis bisnis co-working space di tanah air. Freeware Spaces telah hadir sejak tahun 2013, yang kemudian diikuti oleh kemunculan Conclave pada tahun 2015. Sedangkan Cre8, meski baru meluncur secara resmi pada tahun 2016, mereka sebenarnya telah hadir dengan brand VOffice pada tahun 2013.

Ketiga co-working space tersebut resmi bergabung dan hadir dengan nama baru, yaitu USWORK.

Menurut Aryo Ariotedjo, CEO dan Founder Freeware Spaces, keputusan ini mereka ambil menyusul isu kehadiran co-working space terbesar di Amerika Serikat, WeWork, di tanah air. Mereka bahkan berniat melakukan fund raising besar-besaran demi mengalahkan WeWork di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga  Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini 26 Februari 2017

Nama USWORK sendiri, yang berarti ‘Kita Bekerja’, dipilih tanpa alasan khusus. “Pokoknya harus ada kata Work, biar bagus untuk SEO mungkin,” ungkap Aryo, Aditya Hadiputra (Conclave), dan Albert Goh (Cre8), sambil tersenyum seru.


Kehadiran layanan GO-PET

April Mop | GO-PET

Aplikasi on demand GO-JEK pada awal April 2017 ini pun mengumumkan kehadiran layanan terbaru mereka, yaitu GO-PET. Dengan layanan tersebut, seluruh layanan GO-JEK yang ada saat ini akan bisa dinikmati oleh para hewan peliharaan.

“Selama ini saya berpikir, mengapa layanan GO-JEK hanya bisa dinikmati oleh manusia. Mulailah kita melakukan investigasi, dan ternyata banyak penyayang hewan yang juga setuju dengan kehadiran layanan ini,” tutur CEO GO-JEK Nadiem Makarim.

Dengan layanan GO-PET ini, kamu bisa menggunakan layanan GO-RIDE dan GO-CAR untuk mengantarkan hewan, layanan GO-FOOD untuk pembelian makanan hewan, layanan GO-GLAM untuk mempercantik para hewan, hingga layanan GO-TIX agar para hewan yang kamu miliki bisa mengikuti acara khusus para hewan.


Bhinneka hadirkan superphone Cygnus G5-R

April Mop | Bhinneka

E-commerce tanah air Bhinneka biasanya hanya menjual smartphone buatan para produsen. Namun pada tanggal 1 April 2017 ini, Bhinneka mengumumkan kalau mereka telah meluncurkan sebuah smartphone super yang mereka desain dan produksi di tanah air.

Smartphone yang diberi nama Cygnus G5-R tersebut memiliki RAM 8 GB, kamera belakang 21 megapiksel, kamera depan 16 megapiksel, serta kapasitas penyimpanan 128 GB. Selain itu, smartphone tersebut juga dilengkapi dengan panel surya yang bisa menjadi alternatif cara pengisian baterai.

Demi membedakan smartphone tersebut dengan smartphone biasa, Bhinneka pun menambahkan fitur Night Vision Camera, serta virtual laser keyboard yang bisa memudahkan kamu ketika mengetik.


Plug and Play buka program akselerator untuk anak-anak

April Mop | Plug and Play

Program akselerator Plug and Play Indonesia pada tanggal 1 April 2017 ini mengumumkan kalau program mereka kini terbuka untuk para investor muda. Akselerator yang dipimpin oleh Nayoko Wicaksono ini bahkan mengizinkan para entrepreneur berusia lima tahun untuk bergabung.

Baca Juga  Luncurkan Aplikasi Mobile, Mampukah Printerous Jadi Percetakan Online Terdepan?

“Kami juga memiliki koneksi dengan beberapa investor muda sukses berumur sepuluh hingga lima belas tahun, yang menanamkan modal bersama dengan orang tua mereka yang kaya untuk membantu sesama entrepreneur,” tutur Nayoko.


Qlue luncurkan kacamata pintar Qlue Glass

April Mop Qlue Glass

Aplikasi laporan masyarakat Qlue pada tanggal 31 Maret 2017 kemarin meluncurkan inovasi terbaru mereka, yaitu sebuah kacamata pintar yang bernama Qlue Glass. Perangkat tersebut akan dilengkapi dengan sistem analisis gambar, pengenalan suara, serta machine learning.

Qlue Glass pun dilengkapi dengan detektor gerakan mata yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto hanya dengan tiga kali mengedipkan mata. Pada tanggal 1 April 2017 ini, Qlue akan memberikan lima puluh perangkat Qlue Glass secara gratis kepada masyarakat.


Qlapa kini mudahkan kamu membeli jimat

April Mop Qlapa

Sebagai e-commerce yang khusus menjual produk kerajinan tangan asli Indonesia, Qlapa pada tanggal 1 April 2017 ini mengumumkan kehadiran produk terbaru di platform mereka, yaitu jimat.

“Jimat adalah bagian penting dari kebudayaan yang membuat Indonesia menjadi unik. Dan karena sistem pembuatannya dilakukan secara handmade, saya rasa ini mencerminkan nilai Handmade dan Indonesia, yang dimiliki Qlapa,” ujar Benny Fajarai, CEO Qlapa.

Saat ini, telah ada seorang praktisi kebatinan bernama Mbah Sakuyup yang menjual sembilan jenis produk jimat secara online melalui Qlapa, seperti Tusuk Gigi Anti Gendut, Bedak Naik Gaji, hingga Dupa Aroma Pemikat Hati.


Indonesia Flight ingin atasi debat Bumi Datar vs Bumi Bulat

April Mop Indonesia Flight

Aplikasi pemesanan tiket penerbangan dan hotel Indonesia Flight pada tanggal 1 April 2017 ini mengumumkan kehadiran dua layanan terbaru mereka, yaitu tiket pulang pergi ke ujung dunia dan ke luar angkasa. Hal ini pun menjadikan mereka sebagai perusahaan pertama di dunia yang menghadirkan layanan tersebut.

Baca Juga  Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini – 9 April 2017

Kehadiran dua layanan tersebut pun bukannya tanpa sebab. Menurut Indonesia Flight, layanan tersebut bisa digunakan oleh para pendukung teori Bumi Bulat dan Bumi Datar untuk membuktikan argumen mereka. Bagi para pengguna yang ingin pergi ke luar angkasa, Indonesia Flight mengharuskan mereka untuk mengikuti sesi pelatihan khusus selama tiga jam saja.


Lamudi buka peluang pembelian properti di Planet Mars

April Mop Lamudi

Portal properti Lamudi pada tanggal 1 April 2017 ini pun secara mengejutkan mengumumkan kalau mereka kini menyediakan daftar properti yang bisa kamu beli di Planet Mars. Mereka bahkan memberikan keterangan secara rinci tentang luas tanah, jumlah kamar, serta harga yang harus kamu bayarkan.

Tertarik untuk meninggalkan Bumi dan hijrah ke Planet Mars? Silakan kunjungi halaman ini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Berita Startup Teknologi di Indonesia Hari Ini – 1 April 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *