Cara Elevenia dan OLX Raup Pendapatan dari Platform E-Commerce Masing-Masing

[ad_1]
Kehadiran berbagai macam platform marketplace online di era teknologi seperti sekarang ini menyediakan peluang kemunculan wirausaha baru, serta memberi kesempatan kepada para pengusaha kecil untuk memperluas pasar. Apalagi rata-rata marketplace online di Indonesia tak memungut bayaran dari orang-orang yang menggelar lapak di situs masing-masing.

Bila tak membebankan biaya apa pun kepada mereka yang memajang produk jualannya, lantas dari mana sumber pendapatan para penyedia platform marketplace online? Setiap penyedia ternyata memiliki cara masing-masing untuk melakukan monetisasi.

Komisi dan keyword ad

Program cicilan elevenia | Featured 1

Bayu Setiaji Tjahyono selaku General Manager Marketing Strategy & Business Development Elevenia menyebutkan bahwa pihaknya mendapat komisi dari setiap transaksi jika ada produk yang terjual. Biaya transaksi yang dibebankan bervariasi, mulai dari lima hingga sepuluh persen. Selain itu, Elevenia juga melakukan monetisasi melalui keyword ad, yakni fitur tambahan yang disediakan Elevenia bagi para penggunanya.

Keyword ini kita refresh setiap minggu,” kata Bayu saat dikonfirmasi Tech In Asia Indonesia. Dari dua sumber penghasilan tersebut, biaya transaksi masih memberikan kontribusi terbesar dari pendapatan yang diperoleh Elevenia.

Fitur berbayar

OLX

Hampir sama dengan Elevenia, OLX sebagai situs yang fokus pada pemasangan iklan untuk jual beli barang bekas juga tak memungut bayaran dari orang-orang yang menjual barang di situsnya. Bila barang tersebut laku, OLX juga tidak mendapatkan apa-apa dari barang yang telah terjual.

OLX menerapkan dua cara untuk mendapatkan penghasilan. Pertama, dari fitur premium yang mereka tawarkan ke pengguna. Fitur yang dimaksud adalah Highlight dan Sundul. Bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur ini, harus membayar sejumlah uang kepada OLX.

Menurut Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Killian Suwignyo, dua fitur ini hanya berbeda terkait durasi penayangan iklan saja. Bila memakai Highlight, iklan yang dipasang pengguna bisa tayang di posisi paling atas selama tujuh hingga tiga puluh hari.

Baca Juga  Lowongan Kerja Sales dan Marketing Ziptango, JD.id dan Lainnya

“Kalau Sundul, ya tipikal sundul. Naik sekali, ketimpa orang ya turun lagi. Kalau Highlight, dia akan ganti-ganti sama orang yang pakai fitur Highlight,” kata Edward ketika ditemui di kantor OLX.

Cara kedua OLX mendapatkan penghasilan yakni dari perusahaan yang memasang iklan di situsnya, karena tertarik untuk memanfaatkan traffic cukup besar. Sebagai informasi, situs OLX Indonesia kini berada dalam empat puluh situs paling sering dikunjungi di Indonesia berdasarkan data dari Alexa per tanggal 28 Februari 2017.

Alexa peringkat OLX - Screenshot

Screenshot peringkat situs OLX Indonesia menurut Alexa per 28 Februari 2017.

Fitur premium OLX belum populer

Dua fitur premium yang ditawarkan OLX, yakni Highlight dan Sundul, ternyata belum banyak menarik minat para penggunanya. Namun Edward enggan merinci seberapa banyak fitur ini dipakai oleh para pengguna OLX.

“Karena berhubungan sama revenue, saya enggak bisa share angkanya. Saya kasih statement, apakah jumlahnya banyak, belum. Karena kita baru mulai, belum banyak yang memakai,” tutur Edward. Menurutnya, fitur berbayar yang mereka tawarkan cocok untuk pengguna yang ingin membandingkan tawaran harga dari banyak calon pembeli, sehingga bisa mendapatkan harga tertinggi.

“Kadang ada orang yang ingin jual cepat, tiga atau empat buyer saja sudah cukup. Tapi ada orang yang mungkin ingin cari buyer sebanyak-banyaknya supaya dapat harga tertinggi. Tujuannya beda-beda. Jadi (fitur premium) bukan enggak laku,” jelas Edward.


Selain Elevenia dan OLX, marketplace online lain seperti Tokopedia dan Bukalapak juga melakukan monetisasi dengan cara masing-masing. Beberapa cara yang dilakukan Tokopedia untuk mendapatkan penghasilan yakni melalui fitur berbayar seperti Gold Merchant maupun TopAds. Sedangkan Bukalapak menawarkan fitur pembelian paket Push.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: Adam Cohn)

The post Cara Elevenia dan OLX Raup Pendapatan dari Platform E-Commerce Masing-Masing appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Baca Juga  Menkominfo Gandeng Twitter untuk Basmi Hoaks dan Pengguna Media Sosial yang Usil
[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *