Dalam 1,5 Bulan, Traveloka Jadi Agen Penjualan Tiket Kereta Api Online Terbesar

[ad_1]

Sejak akhir Januari 2017 yang lalu, layanan booking tiket online Traveloka telah menghadirkan fitur penjualan tiket kereta api di aplikasi dan situs mereka. Dengan fitur ini, Traveloka pun memperketat persaingan dengan layanan lain yang juga telah menghadirkan fitur serupa, mulai dari Tiket, PegiPegi, hingga marketplace Tokopedia.

Menariknya, baru sekitar empat puluh hari meluncurkan fitur tersebut, Traveloka kini telah menjadi perusahaan pihak ketiga dengan penjualan tiket kereta api terbanyak setiap harinya. Fakta ini diungkapkan oleh Mukti Jauhari, Executive Vice President Passenger and Ticketing Sales PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Saat ini transaksi harian yang difasilitasi oleh Traveloka telah sepuluh persen lebih banyak daripada yang masuk melalui pemesanan online KAI.

Mukti menjelaskan bahwa PT KAI tidak memberlakukan sistem kuota kepada setiap perusahaan pihak ketiga yang bekerja sama dengan mereka. Siapa yang menjual tiket lebih dahulu, maka mereka yang akan dapat. Hal ini tergantung dari kekuatan sistem yang dimiliki oleh para perusahaan pihak ketiga tersebut.

Itulah mengapa sering ditemukan perbedaan ketersediaan tiket kereta api di berbagai platform penjualan. Sebagai contoh, kamu bisa saja melihat kalau tiket untuk suatu kereta pada tanggal tertentu sudah habis di platform A, namun ternyata masih tersedia di platform B.

“Ini murni masalah sistem. Pada dasarnya, PT KAI membuka platform penjualan tiket online ini secara adil,” ujar Caesar Indra, Senior VP Business Development Traveloka.

Persiapan menjelang hari raya Idulfitri

Traveloka Kereta Api

Kiri ke kanan: Caesar Indra (Senior VP Business Development Traveloka), Novita Angie (selebriti), dan Mukti Jauhari (EVP Passenger and Ticketing Sales PT. KAI)

Penjualan tiket kereta api selalu melonjak menjelang hari raya Idulfitri setiap tahun. Pada tahun 2016 yang lalu, sekitar 5,5 juta tiket untuk sepuluh hari sebelum dan setelah Idulfitri habis terjual. Jumlah tersebut naik dari angka 5,1 juta tiket pada tahun 2015 silam.

Baca Juga  Alasan Perubahan Model Bisnis Seekmi dari Marketplace ke Platform On Demand

Tiket kereta api untuk Idulfitri sudah mulai bisa dipesan pada tanggal 17 Maret 2017 nanti. Untuk mengantisipasi lonjakan pemesanan tersebut, Traveloka mengaku telah melakukan beberapa persiapan.

“Persiapan tersebut tidak jauh berbeda dengan yang kami lakukan saat menghadapi puncak pemesanan tiket pesawat, yaitu dengan menambah kapasitas server kami,” tutur Caesar.

PT KAI sendiri bisa menjual sekitar 72 juta tiket dalam setahun. Enam puluh persen di antaranya terjual melalui platform online. Pada tahun 2017 ini, PT KAI bahkan berniat untuk mendorong transaksi online tersebut ke angka tujuh puluh persen. Sejauh ini, hampir semua tiket kereta api sudah bisa dibeli secara online, kecuali beberapa kereta lokal yang tiketnya masih harus dibeli melalui loket di stasiun.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Dalam 1,5 Bulan, Traveloka Jadi Agen Penjualan Tiket Kereta Api Online Terbesar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *