Demi Gaet Penulis Berkualitas, UC News Siap “Hamburkan” Rp10 Miliar Setiap Bulan

Pada tanggal 19 Januari 2017, anak perusahaan Alibaba yang bernama UCWeb telah mengumumkan investasi sebesar US$30 juta (sekitar Rp400 miliar) untuk aplikasi agregator berita yang mereka miliki, yaitu UC News. Pada saat itu, mereka hanya mengungkapkan kalau dana tersebut akan digunakan untuk mendorong pertumbuhan UC News di Indonesia dan India selama dua tahun ke depan.

Donald Ru, General Manager UCWeb Indonesia, pada tanggal 20 Maret 2017 akhirnya mengumumkan bagaimana mereka akan memanfaatkan dana segar tersebut. “Kami akan menggunakan seluruh dana itu sebagai insentif bagi para penulis di platform menulis We-Media,” tutur Donald.

We-Media adalah platform yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan tulisan ke aplikasi UC News. Sebagai imbalannya, kamu akan mendapa uang tunai sesuai dengan jumlah pengguna yang membaca artikel kamu.

Pihak UCWeb menyebutkan bahwa pada saat ini ada ribuan penulis yang telah mengunggah karya mereka lewat platform We-Media. Untuk mendorong pertumbuhan jumlah penulis tersebut, UC News pun menjanjikan imbalan minimal Rp10 juta untuk seribu penulis terbaik di platform mereka lewat program Super 1.000.

Ini artinya, UC News siap mengeluarkan dana minimal Rp10 miliar setiap bulan untuk membayar para penulis terbaik mereka. Strategi ini serupa dengan aplikasi Cashtree yang menghabiskan sebagian besar uang dari pendanaan Seri A mereka untuk memberikan subsidi pulsa gratis kepada para pengguna.

UC News We-Media

Kiri ke kanan: Bruce Zuo (Kepala UC News We-Media), Deddy Corbuzier, dan Donald Ru (General Manager UCWeb Indonesia)

Di Indonesia sendiri, hampir semua aplikasi agregator berita seperti Baca dan Babe telah menyediakan platform menulis tersendiri. Baca bahkan telah menginvestasikan dana US$10 juta (sekitar Rp130 miliar) untuk mengembangkan platform menulis yang mereka miliki, yaitu Nulis. Sejauh ini, mereka baru bisa mengumpulkan sekitar dua ratus penulis.

Baca Juga  5 Aplikasi TOEFL Android Gratis untuk Asah Kemampuan Bahasa Inggris

UC News diluncurkan oleh UCWeb pada bulan Agustus 2016. Tujuh bulan berselang, mereka mengklaim telah mempunyai dua puluh juta pengguna aktif bulanan di tanah air. Rata-rata pengguna tersebut mengakses UC News selama dua puluh menit setiap harinya.

Secara total, UC News menyatakan kalau mereka mendapat sekitar 1,3 miliar kunjungan pada bulan Februari 2017. Artikel terkait dunia hiburan, olahraga, dan sosial, disebut-sebut sebagai konten favorit para pengguna mereka.

“Kami melihat pertumbuhan yang cukup signifikan untuk konten berbentuk video, yaitu sekitar 25 persen. Para pengguna biasanya menyukai video singkat dengan durasi di bawah dua menit,” ujar Donald.

Menarik untuk ditunggu apakah iming-iming imbalan besar yang ditawarkan UC News akan berhasil menarik lebih banyak penulis berkualitas untuk bergabung dengan platform We-Media yang mereka miliki. Bila sukses, hal ini tentu harus diwaspadai oleh para aplikasi agregator berita atau bahkan media online lainnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Demi Gaet Penulis Berkualitas, UC News Siap “Hamburkan” Rp10 Miliar Setiap Bulan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *