Google Akan Ubah Algoritme Play Store untuk Tingkatkan Visibilitas Aplikasi

[ad_1]
Perkembangan jumlah aplikasi Android yang terus bertambah dari waktu ke waktu menjadi problem tersendiri, baik itu bagi pengguna maupun developer yang baru terjun di marketplace aplikasi Google Play Store.

Menurut laporan jumlah aplikasi dari Statista, pada akhir 2016 tercatat kurang lebih ada 2,6 juta aplikasi Android yang dirilis melalui Google Play Store. Angka tersebut dipastikan bakal terus meningkat, sehingga mendorong Google untuk mencari solusi. Salah satu usaha Google untuk menangani masalah ini adalah mengubah algoritme pencarian di Google Play Store.

Rencana untuk mengubah algoritme pencarian di Google Play Store ini diwacanakan Director of Product Management Google, Paul Bankhead, dalam acara Game Developers Conference 2017 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Dikutip dari Pocket Gamer, perubahan algoritme ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menemukan aplikasi yang diinginkan. Caranya? Dengan memprioritaskan perilaku pencarian pengguna daripada bertumpu pada besaran angka unduhan di Google Play Store. Dengan algoritme ini, harapannya pengguna Android bisa menjumpai aplikasi atau game lain yang kurang terekspos karena kalah dari segi traksi.

Paul Bankhead GDC | Photo

Paul Bankhead di GDC 2017 (Sumber: Game.watch)

Selain mengubah algoritme pencarian di Google Play Store, Google juga akan menerapkan fitur pemberian potongan yang dapat diatur sendiri oleh pihak developer. Melalui fitur ini, developer bisa menentukan promosi aplikasi mereka (jika berbayar) yang ditandai dengan coretan pada harga normal.

“Selama masa uji coba fitur ini, kami mendapat laporan adanya peningkatan penjualan mulai dari tiga hingga dua puluh kali lipat dari para developer,” ungkap Bankhead sebagaimana dikutip dari VentureBeat.

Promosi Google Play | Screenshot

Ke depannya, developer bisa mencoret harga lama aplikasi buatannya untuk keperluan promosi

Sebagai penutup, Google juga akan menambahkan halaman khusus Editor Choice untuk mengurasi aplikasi dan game Android yang membeludak di Google Play Store. Perubahan algoritme dan penambahan fitur ini rencananya bakal diterapkan Google dalam waktu dekat. Dengan semakin lengkapnya fitur yang dimiliki Google Play Store, mulai dari penambahan akses beta, pengaturan set waktu serta harga promosi, dan lain-lainnya, semoga semakin membantu developer aplikasi dan game Android di masa datang.

Baca Juga  Miliki Lima Ratus Lokasi Hotel, RedDoorz Raih Dana Pinjaman Rp13 Miliar

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Google Akan Ubah Algoritme Play Store untuk Tingkatkan Visibilitas Aplikasi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *