Google Kembali Hadirkan YouTube Pop-Up Space di Jakarta

[ad_1]

Data pertumbuhan pengguna YouTube di Indonesia terlihat semakin positif dari tahun ke tahun. Hal ini disampaikan Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia di sela-sela peresmian Google Pop-Up Space kedua kalinya di Jakarta, pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2017.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director Google untuk wilayah Selandia Baru ini mengumumkan beberapa hal terkait pertumbuhan platform video YouTube di Indonesia.

Keusgen mengungkapkan saat ini durasi menonton video YouTube di negara kita telah meningkat 155 persen dari tahun 2016, sementara jumlah konten yang diunggah oleh kreator asal Indonesia meningkat hingga 278 persen dibandingkan tahun lalu.

Perkembangan situasi terkini menunjukkan bahwa video online sekarang telah mengisi hampir 74 persen tingkat konsumsi internet di seluruh dunia.

Pertumbuhan YouTube yang begitu signifikan ini sangat diapresiasi oleh Google. Lebih lanjut, Keusgen juga menjelaskan strategi YouTube Indonesia untuk tahun 2017 yang akan berfokus pada pengembangan tiga hal yakni komunitas, kemudahan akses, dan pengembangan kreator.

Fasilitas YouTube Space kedua bisa dinikmati di Jakarta

YouTube Popup Space | Photo

Sebagai langkah awal dalam strategi pengembangan kreator ini, pihak YouTube kembali mengadakan inisiatif YouTube Space temporer di Jakarta. Setelah tahun lalu menghadirkan program serupa di kawasan Bintaro, tahun ini YouTube kembali menyelenggarakan YouTube Pop-Up Space di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat mulai tanggal tanggal 9-11 Maret 2017.

Lewat program Pop-Up Space selama tiga hari ini, YouTube Indonesia menyediakan workshop serta fasilitas ruang berikut peralatan studio bagi kreator untuk berkolaborasi menciptakan konten berkualitas.

Untuk penyelenggaraan Pop-Up Space tahun ini, YouTube Indonesia telah menggalang 700 kreator dari berbagai macam genre seperti kuliner, kecantikan, teknologi, dan otomotif untuk mengikuti pelatihan konten di tempat yang telah disediakan. Harapannya dengan keberadaan ruang kreatif ini, aka ada lebih banyak lagi karya berkualitas yang akan semakin menggenjot pertumbuhan YouTube di masa yang akan datang.

Baca Juga  [Update] Raih Pendanaan Seri A, Qlapa Akan Fokus Kembangkan Tim

Indonesia ikut ambil bagian di YouTube Creators for Change

YouTube Popup Space | Photo 2

Selain YouTube Pop-Up Space, dalam kesempatan yang sama YouTube juga mengumumkan terjalinnya program Creators of Change untuk pertama kalinya di Indonesia. Bagian dari inisiatif global yang bertujuan untuk memperkuat suara perubahan sosial ke arah yang lebih positif ini sebelumnya telah diselenggarakan di sepuluh negara. Di Indonesia sendiri, rumah produksi Cameo Project terpilih sebagai duta untuk program ini.

“Kami senang sekali bisa terpilih sebagai duta Creators for Change untuk Indonesia. Dengan program ini kami akan bertemu dengan banyak anak muda dan bercerita bahwa kita butuh karya positif untuk mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik,” ungkap Yosi selaku perwakilan Cameo Project.

Lewat program Creators for Change ini nantinya Cameo Project akan berkolaborasi bersama Maarif Institute dan Habibie Center guna mengadakan pelatihan, seminar pembuatan video, serta diskusi terbuka di sepuluh kota.

Dengan program ini, harapannya situasi yang terpolarisasi di Indonesia bisa terurai dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya keanekaragaman lewat karya video teman-teman dari penjuru wilayah di Indonesia.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Google Kembali Hadirkan YouTube Pop-Up Space di Jakarta appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *