Ide Startup Menarik Minggu Ini – 18 Maret 2017

Halo, pembaca setia Tech in Asia Indonesia! Setelah sempat hilang beberapa waktu, rubrik ide startup kembali hadir ke tengah-tengah kamu dengan berbagai hal menarik yang saya kumpulkan dari seluruh dunia. Kumpulan ide-ide ini diharapkan dapat menginspirasi kamu yang ingin merintis sebuah usaha sendiri dengan memanfaatkan bantuan teknologi.

Pada edisi minggu ini, saya berhasil mengumpulkan beberapa ide usaha, mulai dari startup yang membuat tinta dari asap knalpot hingga pembuat teh dengan desain sendiri. Simak langsung ulasannya berikut ini!


Air-Ink

Ide: Membuat tinta dari asap polusi

Pada akhir tahun 2016, New Delhi (India) dinobatkan sebagai salah satu kota dengan tingkat polusi terbesar di dunia. Polusi ini tidak hanya berasal dari kendaraan, namun juga dari debu, hasil pembakaran oleh petani, dan asap dari pabrik.

Sebuah startup asal India bernama Graviky Labs berusaha menyelesaikan permasalahan ini. Mereka mengubah polusi yang ada di New Delhi menjadi sebuah hal yang lebih berguna. Di sinilah mereka bereksperimen dengan Air-Ink.

Tinta tulis ini bukanlah tinta tulis biasa. Air-Ink adalah sebuah tinta yang dibuat dari hasil pengumpulan emisi mesin selama beroperasi. Graviky Labs menggunakan sebuah alat khusus bernama Kaalink yang didesain khusus untuk menangkap asap kendaraan yang kemudian akan diubah menjadi tinta tulis.

Sepertinya konsep seperti ini akan menarik apabila bisa diterapkan juga di Jakarta.


Lunchspread

Ide: Makan siang “gratis”

ide startup menarik minggu ini - LunchSpread

Startup asal Manhattan, New York, ini melihat peluang monetisasi dari makanan gratis. Lagipula, siapa yang tidak suka dengan makanan gratis?

Lunchspread menyediakan sampel makan siang gratis bagi karyawan kantor yang mengisi survei singkat mereka. Mereka berusaha untuk mempromosikan rekanan restoran-restoran lokal yang belum banyak dikenal agar menjadi populer di kalangan karyawan.

Baca Juga  Lima Pelajaran Menarik dari Lima Bulan di Silicon Valley

Setelah para karyawan selesai menikmati makanan yang disajikan, mereka akan diminta mengisi survei kembali untuk mendapatkan kejutan selanjutnya (bila beruntung). Apabila tidak ingin menunggu terlalu lama, karyawan juga dapat langsung memesan makanan—dengan membayar—melalui situs mereka.

Setiap paket dilengkapi dengan kupon dan selembar informasi tentang restoran yang menyediakan makanan untuk para karyawan. Dengan ini, karyawan yang mendapatkan makanan gratis dapat mengetahui restoran mana yang menyajikannya dan membeli produknya secara langsung.


BarkBuddy

Ide: “Tinder” untuk anjing

ide startup menarik minggu ini - BarkBuddy

Tidak seperti Tinder yang mempertemukan kamu dengan teman kencan baru, BarkBuddy akan mempertemukan pengguna dengan hewan peliharaan idaman mereka. Aplikasi ini akan menampilkan berbagai foto anjing yang ada di area sekitar pengguna BarkBuddy.

Pengguna dapat menyapu layar ke kanan apabila ia berminat kepada salah satu anjing, dan menyapu ke kiri apabila mereka menginginkan anjing lainnya. Apabila pengguna telah menemukan “tambatan hatinya”, mereka dapat mengatur waktu untuk bertemu langsung satu sama lain.

Barkbuddy juga berani menjamin kelayakan adopsi dari penggunanya. Hal ini dimungkinkan karena BarkBuddy mengharuskan penggunanya untuk mengisi berbagai data profil untuk mengadopsi. Data inilah yang akan digunakan BarkBuddy untuk menguji pengguna, apakah mereka layak untuk melakukan adopsi atau tidak.


Bed Rest Concierge

Ide: Asisten ibu saat hamil dan melahirkan

ide startup menarik minggu ini - Bed Rest Concierge

Menjadi seorang ibu yang sedang mengandung sangatlah melelahkan, baik secara fisik dan mental. Bahkan setelah sembilan bulan, kelelahan ini tidak berakhir karena sang ibu harus mengurus berbagai keperluan saat sang buah hati terlahir ke dunia. Demi meringankan beban ibu, Stephanie D. Johnson merintis sebuah perusahaan yang bernama Bed Rest Concierge.

Startup ini menawarkan berbagai layanan sebelum dan sesudah melahirkan, seperti membuat dokumen-dokumen kelahiran bayi, pengumuman kelahiran bayi, desain kamar bayi, jasa pengantaran popok, jasa laundry, serta urusan lainnya di rumah sakit. Tidak hanya itu, Bed Rest Concierge juga menyediakan layanan tambahan yang akan memanjakan ibu berupa manikur, pedikur dan perawatan wajah.

Baca Juga  3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Hendak Bekerja Sama dengan Penerbit Game

Design a Tea

Ide: Mendesain teh sesuai selera

ide startup menarik minggu ini - Design A Tea

Design a Tea menawarkan kemampuan untuk dapat mendesain racikan teh sendiri kepada para konsumennya. Dirintis oleh J. Brian Pfeiffer, bisnis online ini akan memungkinkan para penikmat teh untuk memilih lebih dari empat puluh rasa dan jenis teh yang dapat dipadupadankan sesuai selera.

Pertama-tama konsumen akan memilih satu dari empat rasa dasar—Black, Oolong, Green, atau Rooibos—yang kemudian dicampurkan dengan dua bahan lainnya seperti almon, Irish cream, markisa, rum, atau wintergreen.

Secara keseluruhan, Design a Tea menyediakan hingga sepuluh ribu kombinasi berbeda yang dapat dibuat oleh para pecinta teh. Sebagai bagian dari misinya, Design a Tea juga menerapkan berbagai kebijakan yang bersahabat dengan lingkungan, seperti menggunakan kertas daur ulang dan tinta yang ramah lingkungan untuk kemasan produk mereka. Selain itu, tentu saja seluruh teh yang mereka sajikan seratus persen natural, organik, dan bebas gluten.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Ide Startup Menarik Minggu Ini – 18 Maret 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *