Ikuti Jejak Probolinggo dan Bima, Pemkot Manado Kini Ikut Gunakan Aplikasi Qlue

[ad_1]
Pada tanggal 25 Februari 2017 yang lalu, aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Qlue mengumumkan peresmian kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Setelah kerja sama ini, Pemkot Manado nantinya akan menerima setiap keluhan yang dikirimkan warga mereka lewat Qlue, dan bisa segera menindaklanjuti keluhan tersebut.

Sebelumnya, aplikasi yang digagas oleh Rama Raditya ini juga telah bekerja sama dengan pemerintah kota DKI Jakarta, Probolinggo, Pekanbaru, Bogor, Bima, dan kawasan BSD, Tangerang.

“Kami telah mempelajari sistem yang diterapkan Qlue di Jakarta Smart City, membangun data center di Manado, serta memberi pelatihan kepada para Aparatur Sipil Negara di Pemkot Manado terkait penggunaan Qlue,” tutur Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

Qlue My City | Screenshot

Aplikasi Qlue sendiri sebenarnya telah bisa digunakan oleh masyarakat di seluruh tanah air untuk mengirimkan keluhan. Namun keluhan tersebut mungkin tidak akan sampai dan mendapat penanganan yang baik apabila pemerintah daerah terkait belum bekerja sama dengan Qlue.

Qlue sebenarnya sempat mengalami penurunan jumlah keluhan selepas dicabutnya kewajiban ketua RT dan RW di DKI Jakarta untuk mengirimkan laporan lewat Qlue. Namun angka tersebut justru kembali melonjak saat terjadi musibah banjir di ibu kota. Hal ini seperti menjadi bukti kalau Qlue masih cukup dibutuhkan oleh masyarakat.

Diluncurkan pada akhir tahun 2014, Qlue pun langsung berhasil masuk ke dalam daftar aplikasi lokal yang paling banyak diunduh di Google Play Store pada tahun berikutnya. Pada tahun 2016 yang lalu, mereka mengumumkan pendanaan seri A senilai lebih dari US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) yang mereka terima dari Prasetia Dwidharma.

Qlue juga berhasil menjadi salah satu startup yang terpilih untuk mengikuti program akselerator Google Launchpad gelombang ketiga, serta  mendapat kesempatan untukmenghadiri festival industri kreatif South by South West (SXSW) di Amerika Serikat pada tahun 2017 ini.

Baca Juga  Diguyur Hujan Panjang, Aplikasi Qlue Kebanjiran Laporan hingga Tiga Kali Lipat

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Ikuti Jejak Probolinggo dan Bima, Pemkot Manado Kini Ikut Gunakan Aplikasi Qlue appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *