Kemendag Gandeng MatahariMall untuk Majukan Sektor UKM Indonesia

[ad_1]
Kontribusi sektor usaha kecil dan menengah (UKM) terhadap perkembangan ekonomi Indonesia tak bisa dielakkan. Berdasarkan data milik Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, jumlah UKM Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan telah mencapai angka 55,2 juta, dengan kontribusi pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar 57,9 persen dan menyerap tenaga kerja hingga 97,2 persen.

Meskipun angka tersebut terlihat begitu tinggi, namun sebetulnya potensi UKM di Indonesia bisa digenjot lebih besar lagi apabila para pelakunya juga mengembangkan potensi bisnis mereka di ranah digital. Melihat adanya kesempatan memajukan UKM di tanah air, Kemendag belum lama ini mengumumkan kerja sama dengan Mataharimall untuk menyosialisasikan praktik pemasaran digital bagi pelaku UKM binaan Kemendag.

Mataharimall | Photo 1

(Kiri-kanan) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Arman Sulaiman, Founder Lippo Group Mochtar Riady, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan CEO MatahariMall Hadi Wenas seusai peresmian kerja sama Kemendag dan MatahariMall

Komitmen kerja sama antara Mataharimall dengan Kemendag ini berbentuk program pembekalan teknis serta pendampingan dalam olah pemasaran digital. Selain melakukan modernisasi proses, Kemendag berharap para UKM binaannya dapat meningkatkan daya saing mereka melalui optimisasi pemasaran digital, mulai dari praktik branding hingga teknis pengemasan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Indonesia, Enggartiasto Lukita, mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan strategi dalam menumbuhkan pembangunan ekonomi serta mengatasi permasalahan lapangan kerja di Indonesia.

“Kami melihat bahwa MatahariMall tak hanya berfokus pada penjualan online, namun juga berkontribusi mengadakan pendampingan dan edukasi kepada UKM yang bergabung dengan Kemendag. Dengan menggandeng mereka sebagai salah satu pelaku e-commerce terbesar di Indonesia, pemerintah akan bekerja sama untuk memperluas jaringan bisnis UKM melalui ranah digital,” ujar Mendag.

Mataharimal |l Photo 2

Fokus Kemendag dalam memperkuat pemberdayaan UKM di lingkup digital bisa dibilang merupakan langkah lanjutan dalam memastikan pertumbuhan transaksi e-commerce dengan ekosistem pelaku industri tanah air.

Baca Juga  Perjalanan Kostoom, Startup yang Mengikuti Delapan Kompetisi dalam Waktu Satu Tahun

Sebelumnya di bulan Oktober 2016, Kemendag bersama lembaga kementerian lainnya turut menyusun Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (roadmap e-commerce) periode 2015-2019. Lewat kebijakan ini, Kemendag berkomitmen untuk memastikan pertumbuhan transaksi ekonomi Indonesia dengan e-commerce yang tak hanya berkualitas, tetapi juga dapat dipercaya.

Hadi Wenas selaku CEO Mataharimall menyambut positif komitmen kerja sama antara pihaknya dengan Kemendag. “Semoga dengan diresmikannya perjanjian ini, MatahariMall dapat memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan UKM yang terlibat dalam program pemberdayaan ini. Kami berharap akan ada lebih banyak kerja sama dengan pemerintah untuk terus mengoptimalkan potensi UKM di Indonesia,” ujar Hadi.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Kemendag Gandeng MatahariMall untuk Majukan Sektor UKM Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *