Ketua Baznas Terpilih Menjadi Sekjen WZF Baru

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA,CA (dua dari kiri) terpilih secara demokratis menjadi Sekretaris Jendral World Zakat Forum (WZF) Periode 2017-2020, Kamis (16/3/2017). (worldzakatforum.org)

Terkinee.com – Jakarta.  Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA,CA terpilih secara demokratis menjadi Sekretaris Jendral World Zakat Forum (WZF) Periode 2017-2020 dalam pemilihan yang berlangsung demokratis Kamis (16/3/2017).  Pemilihan dihadiri oleh para pegiat zakat dari 11 negara, dengan metode satu negara satu suara.

Menteri Keuangan 1999-2000 dan Menteri Pendidikan periode 2004-2009 tersebut akan bertugas memimpin gerakan zakat dunia menggantikan Ahmad Juwaini, tokoh zakat Indonesia yang juga Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa 2013-2016.

Dalam sambutannya, Prof Bambang menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Terpilihnya Prof Bambang juga wujud dari kepercayaan dunia atas gerakan zakat di Indonesia.

“Perlu dukungan dari semua pihak dalam memajukan zakat selama tiga tahun ke depan,” katanya.

Ia mengatakan, dengan hasil pemilihan ini juga bermakna pengakuan atas gerakan zakat di Indonesia oleh para penggerak zakat dunia.

“Terimakasih dan apresiasi Ahmad Juwaini mengemban baik dan melaksanakan proses transisi dengan sangat baik. Kepengurusan yang baru akan bekerja keras memperbanyak anggota, lintas organisasi, bekerja dengan target jelas baik dari segi pengelolaan waktu maupun dari sisi target kualitatif,” katanya.

Sementara itu Ahmad Juwaini turut bangga atas terpilihnya Guru Besar Universitas Gadjah Masa tersebut.

“Prof Bambang merupakan tokoh yang sangat mumpuni. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan dengan jaringan yang luas,” katanya.

Diharapkan dengan terpilihnya Bambang Sudibyo, WZF bisa makin powerful, punya daya jangkau luas dan dampaknya makin terasa di dunia perzakatan.

Pimpinan Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Malaysia, Amran Hazali juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras Ahmad Juwaini selama tiga tahun ini sehingga dapat terus dilaksanakan dengan baik. Ia berharap, WZF dapat digerakkan aktivitasnya di luar konferensi utk menunjukkan pentingnya forum para pegiat zakat berskala internasional.

Baca Juga  Masyarakat Sangat Antusias Hadiri Kuliah Umum Zakir Naik

Selain terpilihnya Sekjen WZF yang baru, konferensi WZF 2017 yang berlangsung selama dua hari ini telah menghasilkan 11 resolusi gerakan zakat untuk tiga tahun ke depan.

Resolusi tersebut antara lain WZF harus mendorong para anggota untuk meningkatkan kebijakan, profesional dan tata kelola zakat. Para peserta bersepakat untuk melakukan aksi nyata meningkat kesejahteraan global dengan meningkatkan peran zakat dalam pengentasan kemiskinan di berbagai negara.

Resolusi juga berisi tentang kesadaran para Negara anggota WZF bahwa kemiskinan bukan sekedar masalah uang, namun juga pola pikir dan sikap. Kemiskinan merupakan tanggung jawab umat melalui amil untuk melakukan pendekatan yang lebih menyeluruh untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:

Loading…

Saiful Bahri

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *