Luncurkan Aplikasi Mobile, Mampukah Printerous Jadi Percetakan Online Terdepan?

Berhasil meraih pendanaan Pra Seri A senilai Rp18 miliar pada tanggal 23 Februari 2017 yang lalu, startup percetakan online Printerous pun langsung bergerak cepat menghadirkan fitur baru demi memanjakan pengguna. Pada tanggal 6 April 2017, mereka secara resmi meluncurkan aplikasi mobile Printerous Moments untuk platform Android dan iOS.

“Banyak sekali pengguna yang mengakses layanan kami melalui situs mobile di smartphone mereka. Padahal saya sadar kalau situs mobile kami tidak bisa memberikan kenyamanan yang maksimal. Itulah mengapa kami memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi mobile,” jelas Kevin Osmond, CEO Printerous.

Ide pembuatan aplikasi mobile tersebut sendiri muncul sekitar enam bulan yang lalu. Tiga bulan berselang, mereka pun mulai menghadirkan aplikasi tersebut di Google Play dan AppStore, sebelum kemudian meluncurkannya secara resmi pada hari ini.

Aplikasi tersebut memuat semua fitur yang telah dibuat oleh Printerous, seperti fitur untuk mengedit layout serta menambahkan filter pada gambar yang akan dicetak. Kamu pun akan mendapat peringatan apabila resolusi gambar yang kamu kirimkan kurang besar.

Selama ini, Printerous telah memungkinkan pengguna mereka untuk mengunggah foto langsung dari media sosial Facebook dan Instagram. Fitur ini pun tak luput mereka hadirkan di aplikasi mobile Printerous Moments tersebut.

“Banyak pengguna kami yang mengunggah foto dari Instagram untuk dicetak. Itulah mengapa kami pun cukup sering memanfaatkan Instagram sebagai media promosi,” ujar Kevin.

Persaingan di ranah mobile yang masih minim

Printerous | Screenshot

Printerous sendiri bukanlah satu-satunya startup yang menghadirkan layanan percetakan online di tanah air. Selain mereka, ada nama-nama seperti Goodies, GoFrame, Ciptaloka, Pictalogi, hingga Pokaku.

Percetakan konvensional Snapy pun telah memungkinkan kamu untuk mengirim gambar secara online kepada mereka lewat WhatsApp, LINE, BBM, dan email. Hasil cetakan kamu bahkan bisa dikirimkan lewat layanan kurir GO-SEND agar lebih cepat sampai.

Baca Juga  Setelah Taralite dan Tunaiku, MatahariMall Gandeng Crowdo untuk Beri Pinjaman online

Namun dari nama-nama di atas, baru Goodies yang telah menghadirkan aplikasi mobile seperti Printerous. Hal ini pun seperti menjadi peluang bagi Printerous. Kenyamanan yang mereka hadirkan lewat aplikasi mobile berpotensi meningkatkan jumlah pengguna mereka yang saat ini diklaim telah mencapai sekitar tiga puluh ribu orang.

Telah jalin kerja sama dengan lima puluh percetakan

Printerous-Business-Moments

Printerous sendiri sebenarnya mempunyai tiga lini bisnis. Yang pertama adalah layanan percetakan untuk perseorangan bernama Printerous Moments, yang kini telah mereka lengkapi dengan aplikasi mobile. Lewat layanan ini, kamu bisa mencetak gambar dalam bentuk photo book, photo prints, kanvas, framed art, magnet kulkas, casing handphone, bantal, hingga tote bag.

Layanan mereka yang kedua adalah Printerous Business, sebuah layanan percetakan untuk bisnis yang telah mempunyai sekitar seribu seratus klien. Layanan ini merupakan penyumbang tujuh puluh persen pendapatan Printerous, dengan produk favorit berupa kartu nama.

Selain itu, Printerous juga mempunyai lini bisnis Arterous, yang merupakan pasar virtual terkurasi di mana kamu bisa membeli karya-karya seniman lokal yang berkualitas.

Untuk memenuhi pesanan para pengguna, Printerous kini telah bekerja sama dengan sekitar lima puluh percetakan, yang semuanya berlokasi di Jakarta. Mereka menargetkan untuk bisa bekerja sama dengan seratus percetakan di akhir tahun 2017 ini.

“Banyak percetakan tersebut yang kesulitan mendapat pesanan karena mungkin lokasi kantor mereka yang kurang pas. Dengan bergabung dengan kami, mereka pun bisa mendapatkan tambahan pesanan,” ujar Kevin.

Sebagai informasi, salah satu founder dari Printerous Christian Soeseno Boenarso pun merupakan bagian dari jaringan percetakan besar di tanah air, yaitu Subur Printing Group.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Luncurkan Aplikasi Mobile, Mampukah Printerous Jadi Percetakan Online Terdepan? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Baca Juga  Transaksi Pembayaran Shopee Kini Dapat Dilakukan di Ribuan Gerai Indomaret

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *