Mau Disegani dan Terlihat Pandai Dunia Kerja? Jangan Pernah Ucapkan 7 Kalimat Ini!

Mulutmu adalah harimaumu. Sering dong mendengar pepatah ini? Memang benar, di manapun dan kapanpun, kita harus menjaga tutur kata kita, tidak terkecuali dalam dunia kerja. Salah-salah omong, justru akan membuat kredibilitas kamu turun di mata atasan dan rekan kerja kamu. Kamu nggak mau kan itu terjadi?

Ada kalimat-kalimat yang harus kamu hindari saat kamu bergaul di kantor agar kamu terlihat smart. Apa saja? Yuk disimak!

1. “Ini bukan salah saya”
Come on, menyalahkan orang bukanlah ide yang baik. Jadilah pribadi yang bertanggungjawab. Jika kamu terlibat dalam suatu kekacauan di kantor, seberapapun kecilnya keterlibatan kamu, akuilah. Jika kamu tidak terlibat, jelaskan apa yang terjadi tanpa memihak pada siapapun. Beberkan fakta-fakta yang kamu tahu dan biarkan bos kamu yang menarik kesimpulan sendiri tentang siapa yang patut untuk disalahkan. 

2. “Saya tidak bisa”
Berkata “Saya tidak bisa” akan membuat orang-orang akan berpikir bahwa kamu tidak bersedia mengerjakan tugas tersebut. Jika kamu benar-benar tidak bisa melakukannya karena bukan keahlian kamu, setidaknya tawarkan alternatif solusi. Daripada bilang tidak bisa, lebih baik tawarkan apa yang kamu bisa. Misalnya, daripada kamu bilang “Saya tidak bisa menginap malam ini”, lebih baik kamu bilang “Saya akan datang besok lebih pagi”. Sounds better, right?

3. “It’s not fair”
Helloww, semua orang pasti juga udah tahu kalau hidup itu tidak adil. Dengan kamu bilang “hidup itu tidak adil”, menandakan bahwa buat kamu seharusnya hidup itu adil, hanya akan membuat kamu terlihat tidak dewasa. 

4. “Ini bukan tugas saya”
Dengan kamu berkata seperti itu, hanya akan membuat kamu terlihat seolah-olah hanya bersedia melakukan pekerjaan sesuai gajimu. Harusnya jika bosmu meminta kamu untuk menyelesaikan tugas di luar job desk-mu, selesaikanlah dengan penuh semangat.

Baca Juga  7 Daftar Produk Terlaris untuk Usaha Reseller, Modal Minim Untungnya Lumayan Besar

Lagipula, tidak ada ruginya kok. Ini akan membuat kemampuan kamu menjadi lebih berkembang dan tidak mandek di situ-situ aja.

5. “Ini mungkin akan menjadi ide yang memalukan”
Percayalah, merendah dengan berkata seperti itu hanya akan membuat kamu terlihat pasif dan menurunkan kredibilitas kamu. Meskipun sebenarnya kamu memiliki ide yang bagus, tapi dengan berkata seperti itu membuat orang-orang menjadi tidak percaya dengan ide tersebut. Jika kamu sendiri tidak percaya diri dengan apa yang kamu katakan, bagaimana orang lain akan percaya? 

6. “Saya akan berusaha mencoba” 
Kalimat ini juga harus kamu hindari saat ditugaskan sesuatu oleh atasan kamu. Kalimat “Saya akan berusaha mencoba” hanya akan terdengar tentatif dan mengesankan kamu tidak bisa menyelesaikannya. Jika kamu diberi tugas oleh atasan kamu, be responsible, Guys.

Berkomitmenlah untuk mengerjakannya. Tapi, jika kamu memang tidak mampu, coba tawarkan alternatif lain. Tapi, jangan katakan “I’ll try“, karena malah akan membuat kamu tidak ingin berusaha mencobanya. 

7. Mengatakan rekan kerja kamu malas 
Jangan suka meremehkan rekan kerja kamu. Jika kamu berhasil menyelesaikan tugas kamu dengan baik, tidak perlu pamer. Akan selalu ada rekan kerja di kantor yang memiliki keterampilan di bawah kamu. Alih-alih kamu ngatain dia pemalas, mengapa tidak kamu bantu dia agar bisa bekerja dengan baik. Percayalah, meremehkan rekan kerja kamu tidak akan membuat kamu terlihat cool. 

Nah, mulai sekarang kurang-kurangin bilang kalimat-kalimat di atas ya supaya kamu tetap aman di kantor!

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *