Media Khusus Esport RevivalTV Peroleh Pendanaan, Fokus ke Kualitas Konten

[ad_1]
Berita baik bagi industri esport Indonesia untuk membuka bulan Maret 2017. Modal ventura lokal dengan fokus ke industri game, Discovery Nusantara Capital (DNC), mengumumkan pendanaan ketiga mereka. Kali ini giliran media khusus esport, RevivalTV, yang kebagian kucuran dana dengan jumlah tidak diumumkan.

“Ini merupakan lompatan yang besar untuk esport di Indonesia. Kolaborasi ini bukan hanya berimbas ke kami sebagai media, tetapi ke semua aspek esport di Indonesia,” ujar CEO RevivalTV Ahmad Syahndy yang akrab disapa Senz.

Fokus ke kualitas konten

RevivalTV sendiri merupakan media yang cukup muda dan sukses. Di usianya yang baru menginjak tujuh bulan, Senz cukup percaya diri bahwa RevivalTV telah menjadi bagian penting iklim esport Indonesia.

“Kami tidak bisa menyebutkan pada publik soal jumlah pasti pengunjung RevivalTV. Tapi, bisa dibilang lebih dari delapan puluh persen penikmat esport di Indonesia membaca RevivalTV untuk berita terbaru industri esport lokal dan internasional,” jelas Senz.

Ketika ditanya dana segar yang baru diterima akan digunakan untuk apa, Senz langsung menjawab bahwa fokus utama mereka adalah meningkatkan kualitas produksi konten, terutama untuk konten livestream. Meski demikian, mereka tak akan mengabaikan konten tertulis. Senz pun menambahkan, “kami benar-benar ingin menjadi ‘portal’ yang melingkup segala kebutuhan esport di Indonesia.”

Saat ini sendiri Senz mengaku bahwa model bisnis utama RevivalTV terletak di pengadaan acara turnamen game. “Karena senjata utama kami sebagai EO, esport organizer, terletak di user yang basisnya juga tumbuh di sisi media. Maka modal produksi livestream yang tidak murah juga akan menjadi fokus,” jelas Senz menjawab pertanyaan soal alasan RevivalTV untuk fokus ke produksi media mereka dengan pendanaan ini.

RevivalTV | Screenshot

Tampilan utama situs RevivalTV

Mengembangkan ekosistem lebih jauh

RevivalTV bisa dibilang merupakan sesuatu yang berbeda dari portofolio DNC sebelumnya. Investor dengan fokus di Asia Tenggara, terutama Indonesia, ini sebelumnya telah menaruh dana kepada Touchten Games dan Toge Productions yang merupakan developer game.

“Investasi pada RevivalTV tidaklah menyimpang dari rencana kami. Dari awal, fokus kami adalah untuk memajukan ekosistem game dan industri lain yang bisa menyokongnya. Saya pribadi percaya esport juga merupakan bagian penting dari ekosistem game,” ujar Irene Umar selaku perwakilan DNC.

Baca Juga  Polemik Proses Know Your Customer Tatap Muka dalam Bisnis Startup Fintech Tanah Air

RevivalTV memiliki visi yang menarik dan kami percaya bahwa Senz, dipadu dengan tim, perlengkapan, dan akses yang tepat, mampu membawa iklim esport di Indonesia maju lebih jauh ke depan,” tambah Irene.

Salah satu kelebihan yang dibanggakan DNC adalah apa yang mereka berikan pada portofolionya tidak hanya hadir dalam wujud uang, tapi juga sesuatu tak ternilai lainnya. Untuk kasus Touchten, DNC membantu mereka untuk bisa menembus pasar Cina yang sangat besar namun tidak mudah untuk dipenetrasi.

Sementara untuk Toge Productions, mereka akan menyokong rencana Toge untuk melebarkan sayap lebih jauh ke industri game global. Bagaimana dengan RevivalTV?

“Industri esport di Cina merupakan salah satu yang terbesar di dunia, dan jelas lebih maju daripada Indonesia. Dengan koneksi yang ada, kami berharap dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki industri esport di Cina ke Indonesia. Hal ini adalah satu dari banyak hal yang dapat kami lakukan untuk RevivalTV,” jelas Irene.

Yang jelas pendanaan ini hanyalah langkah awal bagi kedua belah pihak. Dari sisi RevivalTV, perjalanan mereka untuk membawa iklim esport menjadi lebih dikenal masyarakat luas jelas tidak enteng, tapi bukan sesuatu yang mustahil.

Sedangkan untuk DNC, RevivalTV baru merupakan portofolio ketiga, dan akan sangat menarik untuk melihat siapa lagi yang akan mereka targetkan untuk dapat membantu ekosistem game di region ini semakin berkembang. Seperti biasa, hanya waktu yang dapat menjawabnya.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Media Khusus Esport RevivalTV Peroleh Pendanaan, Fokus ke Kualitas Konten appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *