Menteri Perhubungan Siap Atur Batasan Tarif untuk Uber, GrabCar, dan GO-CAR

[ad_1]

Pada tanggal 6 Maret 2017 yang lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kalau pihaknya akan segera memberlakukan batasan tarif atas dan bawah untuk layanan transportasi online. Hal ini nantinya akan ditambahkan dalam revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32/2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Sebagai informasi, Permenhub tersebut sejauh ini baru mengatur transportasi online yang berbentuk mobil, dan belum menyebutkan aturan untuk transportasi online berupa motor.

“Tarif batas tersebut nantinya akan ditentukan melalui survei. Hal ini sama dengan angkutan konvensional. Kalau tidak disamakan bisa bahaya,” tutur Budi kepada Kontan.

Selain itu, Menteri Perhubungan juga akan menambahkan beberapa aturan tambahan terkait kontrak, penjualan dan penyerahan jasa, penagihan, serta pembayaran pajak. Layanan transportasi seperti Uber, GrabCar, dan GO-CAR pun harus menggunakan rekening bank yang ada di Indonesia untuk menampung dan menyerahkan hasil penjualan atau penyerahan jasa.

GrabCar Menempel Stiker di Pelat Nomor Kendaraan | Foto

Revisi tersebut juga akan berisi perubahan terhadap Pasal 18, Ayat 2, Butir G yang menyebutkan kalau mobil yang bergabung dengan layanan seperti Uber, GrabCar, dan GO-CAR harus mempunyai spesifikasi mesin di atas 1.300 cc. Nantinya, mobil dengan mesin di bawa 1.000 cc pun akan diizinkan untuk bergabung dengan layanan transportasi online.

Sedangkan untuk aturan yang telah ada terkait keharusan uji kir dan adanya bengkel serta pool, tidak akan mengalami perubahan. Budi memprediksi revisi Permenhub ini akan selesai dalam satu hingga dua bulan ke depan, sehingga bisa mulai dijalankan pada April 2017.

Kehadiran revisi aturan Permenhub ini seperti berbarengan dengan kian memanasnya konflik antara transportasi konvensional dan online di beberapa kota. Hal ini terlihat dari dilarangnya transportasi online untuk menjemput penumpang pada sejumlah tempat umum di Malang. Sedangkan di Tangerang, pengemudi kedua jenis transportasi tersebut justru terlibat bentrokan pada 8 Maret 2017.

Baca Juga  Update Baru Instagram Direct Mudahkan Kamu Berkirim Pesan dan Video Instan

Semoga dalam waktu dekat pemerintah dan pihak-pihak terkait bisa lekas menyelesaikan masalah ini agar tidak berlangsung berlarut-larut.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Menteri Perhubungan Siap Atur Batasan Tarif untuk Uber, GrabCar, dan GO-CAR appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *