Pilihan Karier Sesuai 6 Tipe Kepribadian. Panduan Untuk Fresh Graduate yang Masih Bingung Cari Pekerjaan

5 hours ago By Meily Rohmatun

“Aku pengen kerja di start up, deh. Kayaknya seru dan nggak banyak peraturan. Eh, tapi, aku ‘kan lulusan biologi, mana ada nyambung-nyambungnya? Lagipula aku lebih suka kalau kerjanya nanti teratur dan nggak banyak gangguan. ‘Kan aku orangnya serius banget. Tapi, tapi…”

Bagi beberapa orang, memilih pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan tipe kepribadian kita. Padahal, menjalani pekerjaan dengan kriteria yang ‘kita banget’ umumnya akan lebih nyaman, selalu bahagia karena apa yang dikerjakan sesuai dengan minat dan kepribadian. Biasanya, kesuksesan juga otomatis akan mengikuti.

Nah, untuk memudahkan menentukan pekerjaan apa yang cocok buatmu, berikut Hipwee Sukses jabarkan pilihan karier berdasarkan teori John Holland yang dikaitkan dengan tipe kepribadian tertentu. Kira-kira kamu termasuk yang mana, ya?

1. Tipe intelektual; punya karakter analitis, hal-hal yang bersifat penelitian dan suka memecahkan suatu masalah

peneliti

peneliti via acrf.com.au

Jika kamu adalah tipe orang yang punya kecenderungan untuk mempertanyakan sesuatu dan senang menganalisis atau memecahkan teka-teki dari hal-hal abstrak, kamu masuk ke dalam tipe intelektual. Sebelum bertindak atau mengambil keputusan, umumnya kamu suka mengumpulkan banyak informasi. Kamu juga gemar mempertanyakan jawaban yang nggak didukung oleh data rasional. Karena kriteria keberhasilanmu bersifat objektif dan bisa diukur, kamu akan memerlukan waktu yang bertahap dan cukup lama untuk memecahkan masalah.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe intelektual seperti: periset, peneliti, pengembang perangkat lunak, ahli (fisika, kimia, biologi, matematika), psikolog, psikiater, dosen, dan pustakawan.

2. Tipe realistis; suka hal-hal yang sifatnya praktis dan berorientasi pada penerapan secara langsung, kamu bisa diandalkan dalam hal ketrampilan khusus

Orang yang memiliki tipe realistis menyenangi hal-hal yang sifatnya praktis. Mereka suka bekerja menggunakan keterampilan secara langsung, lugas dan mengesampingkan teori. Biasanya, tipe orang ini punya kelebihan berupa kecakapan khusus, koordinasi motorik yang kuat, dan kekuatan otot. Tapi kurang memiliki kecakapan verbal dan kepekaan dalam hubungan dengan orang lain. Mereka juga menyenangi pekerjaan dengan objek yang konkret, pasti, dan nyata.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe realistis seperti: teknisi, mekanik, insinyur, penerbang, operator mesin, pengawas bangunan, dan ahli listrik.

3. Tipe konvensional; menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan berkas-berkas dan angka yang serba teratur serta nggak cepat bosan untuk melakukan hal yang berkelanjutan

staf admin

staf admin via staffleasing-peo.com

Si pemilik tipe konvensional ini adalah orang-orang dengan watak kepribadian yang teratur, tertib, rapi, efisien, sistematis dan peduli rincian. Biasanya juga tekun dan gigih melakukan pekerjaan rutin. Mereka menyenangi bahasa dan angka-angka yang tersusun dengan baik dan sangat menghindari situasi yang sifatnya kabur atau nggak jelas. Tingkat keberhasilan dalam pemecahan masalah akan nampak dengan jelas dan memerlukan waktu yang relatif singkat.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe konvensional seperti: staf administrasi, sekretaris, perencana keuangan, pengolah data statistik, pegawai arsip, akuntan, aktuaris, pegawai bank dan yang berhubungan dengan pemberkasan.

4. Tipe sosial; cenderung suka menolong orang dan menyukai kegiatan yang mengharuskannya berinteraksi dengan banyak orang

pengajar

pengajar via www.latimes.com

Orang yang mempunyai tipe sosial punya ciri-ciri pandai bergaul dan berbicara, responsif, bertanggung jawab, berjiwa sosial, dan lebih berorientasi pada perasaan. Mereka adalah orang-orang yang ahli dalam hal membuat kesepahaman atau kesepakatan dengan orang lain.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe sosial seperti: pengajar, pekerja sosial, konselor, misionari, terapis, mediator, perawat, dan penasihat.

5. Tipe usahawan atau enterprising; senang memimpin dan mempengaruhi orang lain, akan menghindari pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan observasi dan ketelitian mendalam

pengusaha

pengusaha via www.entrepreneur.com

Orang-orang dengan tipe usahawan ini punya keahlian untuk mempengaruhi orang lain dan punya jiwa memimpin. Mereka sangat bias beradaptasi dengan lingkungan, suka tantangan dan persaingan, dinamis, ambisius, nggak suka mengerjakan hal-hal detail tapi lebih menyenangi hal-hal yang sifatnya besar.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe usahawan seperti: pengusaha, sales, marketing, pengacara, politikus, manajer, perwakilan dagang, dan aktivis lingkungan.

6. Tipe artistik; orang-orang kreatif yang memiliki daya imajinasi dan intuisi yang tinggi, tetapi menghindari aktivitas yang rutin dan berulang

musisi

musisi via www.pexels.com

Orang yang mempunyai tipe artistik senang mengekspresikan diri dan menghindari keadaan yang bersifat interpersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut keterampilan fisik. Mereka biasanya juga tipikal orang yang pandai memecahkan masalah karena mereka mampu memadukan antara sisi kreatifitas dan intuisinya dengan data atau informasi rasional yang mereka dapatkan dari lingkungannya. Orientasi mereka adalah pada cita rasa, perasaan dan imajinasi.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe artistik seperti: desainer, pelukis, komposer musik, editor buku, sutradara, penyair, artis dan segala bentuk pekerjaan yang berkaitan dengan seni.

Dengan memerhatikan panduan di atas, diharapkan kamu bisa mereka-reka tipe kepribadian yang kamu miliki. Maka, kamu akan dengan mudah memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang ada dalam dirimu. Bisa jadi kamu menemukan kombinasi antara tipe kepribadian yang satu dengan yang lain juga, lho. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga  Kamu Nggak Dibayar untuk Kerja Melebihi 8 Jam. Jadi, Selesaikanlah di Kantor dan Nikmati Hidupmu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *