PT KAI Berencana Terapkan Pemindaian e-KTP dalam Proses Pemesanan Tiket

Mengisi kolom nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lain sebagainya merupakan hal yang lumrah ditemui ketika seseorang hendak memesan tiket. Kegiatan mengisi data diri seperti ini memang tidak begitu lama, namun tetap memakan waktu.

Dengan semangat efisiensi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melakukan integrasi dengan database Kementerian Dalam Negeri demi menerapkan sistem pemindaian e-KTP dalam proses pemesanan tiket. Konsumen cukup memindai e-KTP miliknya dan kolom data diri yang harus diisi dalam pemesanan tiket akan terisi secara otomatis.

“Semua identitas akan langsung tercetak di situ. Kita berusaha secepatnya direalisasikan,” kata Corporate Deputy Director of Information System PT KAI, Mukti Jauhari, ketika ditemui belum lama ini.

e-KTP | Photo

Bila sudah terintegrasi, sistem pemindaian e-KTP akan menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Teknologi ini sudah umum dipakai untuk bertukar data dengan cara mendekatkan perangkat yang telah dilengkapi dengan fitur NFC dengan pemindai yang akan menerima data.

“Pakai NFC kan keluar, apa yang ada di dalam e-KTP keluar semua. Nama langsung ke kolom nama, nanti orang IT lah itu yang kerja,” ucap Mukti. Ketika ditanya apakah pemesanan menggunakan NFC ini hanya bisa dilakukan di loket, Mukti menuturkan cara ini juga bisa dilakukan menggunakan smartphone.

Scan e-KTP with Smartphone | Photo

Pemindaian e-KTP dengan smartphone. (Sumber gambar: Bondan Sumbodo)

Sayangnya, tak semua smartphone mendukung fitur NFC. Namun fitur ini biasanya ditemukan pada smartphone high-end yang menggunakan sistem operasi Android.

Rencana penerapan teknologi NFC dalam proses pemesanan tiket kereta api merupakan inisiasi dari pihak PT KAI. Hanya saja, PT KAI sendiri belum mengetahui berapa jumlah investasi yang harus digelontorkan jika menerapkan sistem tersebut.

“Karena kita baru inisiasi saja, kalau investasi e-KTP belum tanya,” ucap Mukti. Meski belum mengetahui jumlah investasi, Mukti memperkirakan penggunaan e-KTP dalam pemesanan tiket mungkin bisa diterapkan pada awal 2018.

Baca Juga  Mengenal Rianti Hidayat, Artis Indonesia di Balik The Legend of Zelda: Breath of the Wild

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: PT Kereta Api Indonesia)

The post PT KAI Berencana Terapkan Pemindaian e-KTP dalam Proses Pemesanan Tiket appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *