Sejumlah E-commerce Sempat “Tumbang”, Bagaimana Keamanan Data Pengguna?

[ad_1]
Pada tanggal 1 Maret 2016 yang lalu, pengguna beberapa layanan internet di tanah air tidak bisa mengakses sejumlah layanan seperti marketplace Tokopedia dan Bukalapak, hingga e-commerce JD.ID.  Penyebabnya kendala listrik yang terjadi pada panel distribusi Biznet Data Center, yang digunakan oleh layanan-layanan internet tersebut, mulai pukul 14.38 WIB.

Dalam keterangan resmi kepada Tech in Asia Indonesia, perwakilan Biznet menyatakan kalau kendala tersebut terjadi pada Data Center mereka yang berlokasi di Biznet Technovillage, Cimanggis. Mereka pun memohon maaf atas kendala yang mengakibatkan terhentinya operasional para pelanggan mereka tersebut.

Haruskah pengguna khawatir?

Terkait kejadian yang menimpa Biznet Data Center, perwakilan Bukalapak juga sudah memberikan pernyataan kepada Tech in Asia Indonesia kalau kejadian tersebut tidak ada kaitannya dengan masalah keamanan platform mereka. Mereka dapat memastikan kalau semua data pengguna di Bukalapak akan tetap aman.

Bukalapak bahkan menyatakan kalau mereka langsung mengirimkan tim ke lokasi pada saat kendala tersebut terjadi, untuk membantu melakukan penanggulangan dan pengawasan. Leontinus Alpha Edison, CTO Tokopedia, menyampaikan melalui Facebook kalau pihaknya pun juga melakukan langkah yang sama.

TechnoVillage

Langkah berikutnya

Biznet menyatakan kalau mereka akan terus melakukan investigasi mengenai penyebab terjadinya kendala tersebut, dan melakukan langkah antisipasi untuk memastikan kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari. “Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh pelanggan,” tutur perwakilan Biznet tersebut.

Dari sisi pengguna Data Center yang terkena dampak, Bukalapak menyatakan kalau mereka langsung melakukan recovery bagi lebih dari empat ratus server dalam hitungan beberapa jam, sejak listrik kembali hidup. Dalam proses tersebut, mereka mengaku bisa mengumpulkan banyak masukan terkait prosedur penanggulangan bencana (disaster recovery).

Baca Juga  5 Pelajaran Kepemimpinan yang Bisa Kita Ambil dari Khaleesi di Game of Thrones

“Kami menyadari bahwa ada banyak ruang untuk terus melakukan perbaikan, baik dalam hal prosedur maupun arsitektur sistem kami. Sehingga apabila diperlukan kembali, recovery system tersebut bisa berjalan lebih cepat dan lebih baik dari yang sekarang,” pungkas perwakilan Bukalapak tersebut.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: BlogVault)

The post Sejumlah E-commerce Sempat “Tumbang”, Bagaimana Keamanan Data Pengguna? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *