Setelah Instagram, Facebook Kini Buat Fitur Tiruan Snapchat dalam WhatsApp

[ad_1]
Pada tanggal 20 Februari 2017, aplikasi chat WhatsApp melakukan sebuah perubahan terhadap fitur Status yang membuatnya sangat mirip dengan fitur Stories milik Snapchat. Fitur yang sebelumnya hanya bisa kamu isi dengan teks, kini bisa kamu isi dengan foto, video, atau gambar GIF yang menarik. Status tersebut pun akan hilang secara otomatis dalam waktu 24 jam.

WhatsApp telah menyiapkan sebuah tab khusus untuk memudahkan kamu melihat Status yang dibuat oleh teman-teman. Kamu juga bisa mengirim komentar secara pribadi ketika melihat Status yang menarik, dan menentukan siapa saja yang bisa melihat Status yang kamu buat. Demi menyesuaikan dengan proses pengiriman pesan lain di WhatsApp, fitur Status ini juga akan dilengkapi dengan enkripsi end to end.

WhatsApp Stories | Screenshot

Menurut sang CEO WhatsApp, Jan Koum, Status sebenarnya merupakan fitur paling awal yang dibuat oleh perusahaannya pada bulan Februari 2009. Pada saat itu, ide awal mereka adalah untuk membuat aplikasi yang memungkinkan orang lain mengetahui apa yang sedang kamu lakukan saat ini.

Beberapa bulan berikutnya, barulah mereka menambahkan fitur chat ke dalam WhatsApp. Fitur chat tersebut kini telah menjadi fitur utama mereka, dan terus diperkaya dengan berbagai jenis konten. Namun para founder WhatsApp ternyata masih terus memikirkan kondisi fitur Status mereka yang masih berbasis teks.

“Kami sangat senang mengumumkan kalau bersamaan dengan ulang tahun kedelapan kami yang jatuh pada tanggal 24 Februari 2017 nanti, kami memperbarui fitur Status tersebut,” ujar Koum dalam blog resmi WhatsApp.

WhatsApp sebenarnya telah menguji coba fitur Status terbaru ini kepada beberapa pengguna pada bulan November 2016. Dan kini, fitur tersebut akan segera tersedia untuk 1,2 miliar pengguna mereka di seluruh dunia yang menggunakan smartphone berbasis iOS, Android, dan Windows Phone.

Baca Juga  Kemendag Gandeng MatahariMall untuk Majukan Sektor UKM Indonesia

Kehadiran fitur Status ini seperti menunjukkan keseriusan Facebook untuk “menyontek” fitur Stories milik Snapchat di seluruh produk mereka. Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu telah membuat fitur Stories di aplikasi berbagi foto Instagram. Mereka pun telah menguji coba fitur serupa untuk aplikasi utama Facebook dan Facebook Messenger.

Meski merupakan tiruan dari fitur milik Snapchat, Instagram Stories kini telah mempunyai 150 juta pengguna aktif harian. Dari data internal Snapchat bahkan terlihat kalau perkembangan aplikasi tersebut turun cukup drastis setelah kehadiran Instagram Stories. Menarik untuk ditunggu apakah kehadiran fitur Status di WhatsApp ini akan mengganggu proses IPO yang tengah dijalani oleh Snapchat.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Setelah Instagram, Facebook Kini Buat Fitur Tiruan Snapchat dalam WhatsApp appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *