Strategi Aplikasi Iklan Cashtree untuk Dapatkan Lebih dari 2 Juta Pengguna Aktif

Melihat potensi bisnis periklanan di tanah air, aplikasi Cashtree hadir sejak bulan November 2015 dengan misi untuk mengubah lock screen smartphone kamu menjadi billboard untuk iklan dan konten berita. Lima belas bulan beroperasi, mereka mengklaim telah mendapat sekitar tujuh juta pengguna, dengan lebih dari dua juta di antaranya merupakan pengguna aktif bulanan (MAU).

Setiap pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut, akan mendapati lock screen mereka dipenuhi dengan iklan dari berbagai perusahaan. Mereka kemudian bisa memilih untuk melihat lebih lanjut informasi iklan itu, atau membuka kunci smartphone mereka seperti biasa.

Sebagai gantinya, para pengguna akan mendapatkan poin yang kemudian bisa mereka tukarkan dengan pulsa telepon. Menurut Chief Business Officer dari Cashtree Seyoung Jung, pengguna aktif mereka biasanya akan mendapat pulsa hingga Rp40.000 setiap bulan. Hingga saat ini, Jung mengklaim telah membagikan lebih dari Rp20 miliar pulsa kepada seluruh pengguna mereka.

Sekitar sebulan yang lalu, Cashtree pun telah menjalin kerja sama dengan aplikasi chat LINE. Berkat kerja sama tersebut, pengguna Cashtree kini tidak hanya akan menemukan iklan di halaman lock screen mereka, namun juga berita-berita dari LINE Today.

Sejauh ini, telah ada 97 perusahaan yang memasang iklan melalui layanan yang disediakan Cashtree. Dari para perusahaan tersebut, Cashtree pun menerima pendapatan senilai Rp12,2 miliar pada kuartal keempat tahun 2016 yang lalu.

Strategi mendapatkan jutaan pengguna

Cashtree | Pengguna

Menurut Jung, mereka tidak hanya mempunyai pengguna dengan jumlah yang banyak, namun juga berkualitas. Setiap harinya, mereka bisa mendapat sekitar dua puluh ribu pengguna baru.

“Kami juga berusaha menindak tegas segala bentuk kecurangan (scam) yang dilakukan pengguna. Kami bahkan telah memblokir sekitar 37 ribu pengguna yang melakukan hal seperti itu hingga saat ini,” tutur Jung.

Baca Juga  Alasan Bukalapak Hadirkan Berbagai Produk Baru Sepanjang Tahun 2017

Untuk mendapatkan banyak pengguna, Jung mengaku kalau pihaknya mengandalkan mekanisme referral. Para pengguna diharapkan bisa merekomendasikan rekan mereka untuk ikut bergabung dengan Cashtree. Setiap kali ada pengguna baru yang bergabung, orang yang merekomendasikan pun akan mendapat imbalan.

Pada tahun 2016 yang lalu, Cashtree telah mendapat pendanaan Seri A senilai US$4 juta (sekitar Rp53 miliar) dari Korea Investment Partner dan K-Cube Ventures. Dan menurut Jung, mayoritas uang tersebut ia gunakan untuk menyubsidi pemberian insentif pulsa kepada para pengguna.

“Penting bagi kami untuk menjaga agar pengguna bisa mendapat pulsa dengan jumlah yang konsisten setiap bulannya. Itulah mengapa sejauh ini kami belum meraih keuntungan,” tutur Jung kepada Tech in Asia Indonesia.

Hadirkan tiga fitur baru untuk menarik pengguna

Cashtree | Screenshot

Demi menarik lebih banyak pengguna dan perusahaan yang memasang iklan, Cashtree pun menghadirkan beberapa fitur baru pada tanggal 16 Maret 2017 ini. Hal pertama yang mereka hadirkan adalah fitur iklan berbasis lokasi, serupa dengan SMS promosi yang biasa kamu dapatkan ketika masuk ke sebuah mal. Berbeda dengan SMS, Cashtree menghadirkan iklan dalam bentuk notifikasi yang lebih mudah diklik oleh pengguna.

Selain itu, Cashtree juga menghadirkan beberapa permainan yang bisa dimainkan oleh para pengguna. Setelah bermain, kamu akan mendapat sejumlah kupon undian untuk meraih hadiah tertentu.

Hal terakhir yang dihadirkan Cashtree adalah fitur referral yang memungkinkan para pengguna untuk merekomendasikan sebuah iklan kepada rekan-rekan mereka. Seperti yang mereka lakukan untuk meraih pengguna baru, pengguna yang memberikan rekomendasi tersebut pun berpeluang mendapat sejumlah uang tambahan.

Di Indonesia sendiri telah ada beberapa aplikasi yang serupa dengan mereka, seperti Popslide dan startup yang baru bergabung dengan Ideabox, AyoSlide. Menarik untuk ditunggu apakah kehadiran fitur-fitur baru ini bisa mendorong perkembangan Cashtree menjadi lebih cepat dari sekarang.

Baca Juga  6 Perusahaan Teknologi Tanah Air yang Mendukung Kompetisi Sepak Bola Liga 1

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Strategi Aplikasi Iklan Cashtree untuk Dapatkan Lebih dari 2 Juta Pengguna Aktif appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *