[Update] Uber Resmikan Fitur Pemesanan Taksi Express Lewat Layanan UberX

(Update – 30 Maret 2017: Kami menambahkan informasi baru terkait bergabungnya seluruh armada taksi Express ke dalam layanan UberX)

Pada tanggal 29 Maret 2017 kemarin, layanan transportasi online Uber secara resmi mengumumkan bergabungnya seluruh armada taksi Express ke dalam layanan UberX. Seperti yang mereka umumkan di akhir tahun 2016 yang lalu, setiap kali memesan layanan UberX, ada kemungkinan kamu akan terpasangkan dengan armada Express yang lokasinya dekat dengan kamu.

Uber tidak menyediakan pilihan bagi kamu untuk memilih agar selalu terpasangkan dengan taksi Express, atau justru agar tidak terpasangkan dengan taksi Express sama sekali. Aplikasi Uber akan secara otomatis memilih kendaraan yang lokasinya terdekat dengan kamu, baik kendaraan tersebut merupakan mobil pribadi maupun taksi.

Bagi kamu yang kurang nyaman dengan layanan tersebut, Uber menyarankan untuk membatalkan pesanan sebelum batas waktu lima menit, agar tidak terkena biaya pembatalan. Setelah itu, kamu bisa melakukan pemesanan ulang.

Selama perjalanan, Uber menyatakan kalau para pengemudi taksi Express akan tetap menyalakan argo mereka. Namun kamu hanya perlu membayar sesuai dengan biaya yang tertera di dalam aplikasi Uber.


Artikel Asli – 19 Desember 2016

Pada tanggal 19 Desember 2016, layanan transportasi on demand Uber mengumumkan kalau mereka telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan taksi terbesar tanah air, Express Group. Selepas kerja sama ini, keduanya akan mengadakan program uji coba yang memungkinkan pengemudi taksi Express untuk menerima pesanan layanan dari UberX.

Sebelumnya, pemilik dari jaringan taksi Express ini juga telah bekerja sama dengan Grab untuk menghadirkan layanan GrabTaxi. Selain itu, GO-JEK pun tengah berusaha menghadirkan fitur serupa dengan menggandeng Blue Bird, meski layanan tersebut belum juga terwujud hingga saat ini.

Baca Juga  Transaksi Pembayaran Shopee Kini Dapat Dilakukan di Ribuan Gerai Indomaret

“Melalui kerja sama ini, kami berharap tingkat penggunaan armada Express Group bisa meningkat,” ujar Benny Setiawan, Chief Operating Officer dari Express Group, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

Ilustrasi driver UBER untuk layanan uberPOOL | Featured Image

Tawarkan pinjaman untuk pengemudi

Selain itu, kerja sama ini juga disebut-sebut bisa memudahkan para pengemudi Uber untuk mendapat pinjaman guna membeli mobil lewat Express Group. Tentunya mobil tersebut tidak akan mempunyai atribut taksi atau branding taksi Express. Layanan pinjaman ini nantinya akan tersedia lewat program Vehicle Solutions Uber.

“Kolaborasi ini dilakukan demi membuat layanan ride sharing yang bisa diandalkan oleh pengguna, serta membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi mitra pengemudi,” tutur Eric Alexander, Head of Business Uber untuk wilayah Asia Pasifik.

Bagaimana perjalanan Uber sepanjang tahun 2016 di Indonesia?

Meski cenderung menentang layanan transportasi online di awal tahun ini, para perusahaan taksi kini sepertinya justru berusaha untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan layanan seperti Uber, Grab, dan GO-JEK. Apakah langkah ini bisa menaikkan kembali bisnis mereka, atau justru sebaliknya?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [Update] Uber Resmikan Fitur Pemesanan Taksi Express Lewat Layanan UberX appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Referensi

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *