WhatsApp Tengah Uji Coba Layanan Pengiriman Pesan Khusus untuk Bisnis

[ad_1]

WhatsApp berencana meluncurkan fitur pengiriman pesan baru yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan para pengguna. Layanan bisnis ini dikembangkan sebagai salah satu sarana untuk mendatangkan penghasilan. Hal yang cukup wajar, mengingat WhatsApp belum meluncurkan model monetisasi baru sejak diakuisisi Facebook pada tahun 2014 lalu.

WhatsApp berharap para pelaku bisnis mau membayar untuk mengirim pesan langsung pada pengguna, tapi di sisi lain juga tidak ingin layanan baru ini menjadi spam. Untuk menghindari hal tersebut, fitur baru ini tengah diujikan kepada berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan inkubator startup Y Combinator.

WhatsApp | Business

Sumber gamber: Gigaom

Melibatkan startup untuk langkah awal

Uji coba ini merupakan bagian dari kerja sama WhatsApp dengan Y Combinator yang baru saja mereka sepakati pada bulan Februari lalu. Hal ini memungkinkan WhatsApp meminta sejumlah startup anggota Y Combinator untuk ikut dalam percobaan tertentu. Sebagai gantinya, mereka memberikan pelatihan dan konsultasi untuk perusahaan yang dinilai potensial.

Salah satu pihak yang terlibat dalam uji coba fitur baru ini adalah Cowlar, perusahaan asal Pakistan yang memproduksi smart collar untuk sapi perah. Menurut Umer Ilyas yang merupakan salah satu Co-Founder Cowlar, percobaan masih berada di tahap awal. Layanan ini diperkirakan akan banyak terpakai di tempat-tempat terpencil yang memiliki banyak pengguna WhatsApp.

Contoh kegunaan layanan baru ini misalnya pengiriman pesan secara otomatis dari smart collar kepada petani apabila sapi bertingkah tidak sesuai seharusnya. “(Layanan) ini memberi kesempatan yang sangat besar, karena di semua wilayah pasar susu utama—India, Brazil, dan Pakistan—banyak petani yang menggunakan WhatsApp,” lanjut Ilyas.

Bukan konsep baru

WhatsApp juga mengirimkan survei ke sejumlah pengguna untuk mengukur minat mereka terhadap komunikasi bisnis di aplikasi tersebut, dan mencari tahu apakah mereka pernah terpapar spam. Apabila layanan ini benar-benar diluncurkan untuk publik, maka WhatsApp akan bersaing langsung dengan LINE yang sudah terlebih dahulu meluncurkan fitur serupa yaitu LINE@.

Baca Juga  Ayopop Raih Pendanaan Tahap Awal Rp13 Miliar di Tahun Pertama Operasionalnya

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post WhatsApp Tengah Uji Coba Layanan Pengiriman Pesan Khusus untuk Bisnis appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[ad_2]
Sumber

Leave your vote

points

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *